Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Kebudayaan Asia-Eropa Bertemu di Yogyakarta

Kompas.com - 17/09/2012, 14:55 WIB
Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah delegasi dari 35 negara Asia dan Eropa, ditambah wakil dari Uni Eropa, dan Unesco, melakukan pertemuan di Yogyakarta dari Minggu hingga Kamis depan (16-20/9/2012).

Pertemuan menteri-menteri kebudayaan se-Asia dan Eropa ini bertema 'Managing Heritage Cities for a Sustainable Future', dan diselenggarakan di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Pemilihan Yogyakarta sebagai ajang pertemuan, menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI bidang Kebudayaan Prof Dr Wiendu Nuryanti, sangat tepat karena Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak sejarah dan tempat-tempat peninggalan budaya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Mohammad Nuh DEA akan hadir memberikan pidato kunci.

Pertemuan itu akan diisi dengan serangkaian lokakarya yang membahas soal penguatan kelembagaan pemerintah dalam pemeliharaan warisan budaya, antisipasi tantangan dan bencana terhadap wilayah-wilayah bersejarah, kota bersejarah sebagai pendorong ekonomi kreatif, serta kesepakatan antarkebudayaan guna mempromosikan kota bersejarah.

Wiendu menyatakan, pertemuan dilatarbelakangi kesadaran para menteri berkaitan dengan tekanan terhadap warisan budaya yang dimiliki kota-kota di Asia dan Eropa. "Pertemuan diharapkan menghasilkan keputusan dan panduan tingkat dunia sehingga warisan budaya bisa menyejahterakan masyarakat kota setempat," ujar Wiendu.

Secara pribadi, Wiendu mengemukakan, setiap kota adalah kota budaya. "Sehingga perlu dipikirkan strategi perlindungan terhadap ruh budaya yang dimiliki kota setempat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com