Kompas.com - 18/09/2012, 11:54 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 140 delegasi yang terdiri dari para menteri kebudayaan, wakil menteri, duta besar, dan pejabat senior dari negara-negara Asia dan Eropa menghadiri pertemuan ke-5 menteri-menteri kebudayaan se-Asia dan Eropa (The 5th Asia-Europe Meeting Culture Ministers Meeting). Pertemuan bertema "Managing Heritage Cities for a Sustainable Future" itu berlangsung di Yogyakarta, 17-20 September 2012.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan pentingnya mengelola kota warisan budaya untuk masa depan yang berkelanjutan. Menurut dia, bukan hanya karena keindahan atau kemegahannya yang patut menjadi kebanggaan generasi yang akan datang.

"Hal yang paling penting terkait dengan pengelolaan kota warisan budaya adalah untuk menanamkan pemahaman tentang kondisi yang dapat membuat peradaban puncak," kata Nuh pada pembukaan acara di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Selasa (18/9/2012).

Nuh menyampaikan, masa depan yang berkelanjutan adalah lebih dari masa depan warisan budaya itu sendiri. Hal ini, kata Nuh, adalah untuk melestarikan peradaban dan dalam banyak hal adalah untuk menghidupkan kembali peradaban yang telah hilang atau memperbaiki peradaban yang terdegradasi.

Nuh menyebutkan, jumlah penduduk di Asia dan Eropa sebanyak empat miliar dan merupakan 60 persen dari populasi penduduk dunia. Forum ini, menurut Nuh, merupakan media terbaik untuk mempromosikan peradaban konvergensi dalam skala luas karena meliputi Asia dan Eropa, serta mewakili keragaman peradaban yang paling tua dan paling besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.