Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Favorit Dipindahkan, Siswa SD Mogok Belajar

Kompas.com - 18/09/2012, 20:24 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com — Sutrisno, guru favorit di SDN Gersempal II, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, dimutasi oleh dinas pendidikan setempat. Akibatnya, ratusan siswa protes dengan mogok belajar dan berdemonstrasi, Selasa (18/9/2012), di depan sekolah mereka.

Mereka menuntut agar guru favoritnya itu dikembalikan lagi ke sekolah. Bukan hanya para siswa yang menuntut dikembalikannya Sutrisno. Wali murid yang mengenal jasa guru ini juga ikut-ikutan demo. Jika tuntutan siswa dan wali murid tidak didengarkan pihak sekolah, siswa yang sekolah di SDN II Gersempal akan pindah ke sekolah lain.

"Pak Tris sosok guru yang baik dan kami tidak setuju kalau dia dipindah. Selama Pak Tris tidak dikembalikan ke sekolah ini, sampai kapan pun kami tidak akan masuk sekolah dan kami akan pindah," kata Suaidah, salah satu siswi.

Hasibah, salah satu wali murid yang ikut demo, mengungkapkan, Sutrisno merupakan guru terbaik di sekolahnya. Dirinya mengaku heran karena tanpa ada alasan yang jelas tiba-tiba Sutrisno dipindah ke sekolah lain.

"Saya jadi bingung kalau anak-anak tidak mau sekolah, apalagi mereka sampai mau pindah sekolah. Jadi, tolong penuhi permintaan anak-anak dan tuntutan wali murid," ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang Sudahri meminta murid dan para wali murid bersabar soal mutasi Sutrisno. Pihaknya akan mengupayakan agar Sutrisno kembali ke sekolahnya lagi.

"Kami akan usulkan lagi ke dinas pendidikan soal tuntutan siswa dan wali murid," terangnya.

Meskipun sudah dijanjikan Sutrisno akan dikembalikan lagi, para murid dan wali murid tidak percaya begitu saja.

"Tolong kami jangan dibohongi. Kalau dibohongi, kami akan kembali berdemo ke sekolah ini," tambah Hasibah.

Selain itu, wali murid juga meminta kepala SDN II Gersempal untuk diusut. Sebab, ia yang diduga menjadi biang kerok dipindahnya guru Sutrisno yang dikenal disiplin dan telaten kepada para muridnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com