Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Campuri Politik, USAID Diusir dari Rusia

Kompas.com - 19/09/2012, 17:33 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia memerintahkan USAID menghentikan operasinya di negara itu selambatnya 1 Oktober karena lembaga itu berusaha mencampuri politik Rusia.

"Keputusan itu diambil terutama karena aktivitas pejabat lembaga itu jauh dari tujuan yang ditetapkan, yakni kerja sama pembangunan dan kemanusiaan," Kementerian Rusia mengatakan, Rabu (19/9/2012).

"Kami berbicara tentang upaya untuk mempengaruhi proses politik, termasuk pemilu di berbagai tingkatan, melalui pemberian dana bantuan," demikian pernyataan itu.

Kegiatan USAID "harus dihentikan sejak 1 Oktober". Tenggat waktu yang singkat itu tidak diungkap oleh pihak Amerika Serikat ketika mengumumkan hal itu, Selasa (18/9/2012).

Kemlu Rusia mengatakan Moskwa merisaukan aktivitas USAID di wilayah-wilayah Rusia, khususnya di Kaukasus Utara. "Kami sudah beberapa kali memperingatkan kolega kami dari Amerika tentang hal ini," kata kementerian itu.

Disebutkan juga bahwa Rusia ini menganggap diri sendiri sebagai negara donor yang tidak lagi memerlukan dana pembangunan dari luar negeri. "Masyarakat madani Rusia sudah cukup matang dan tidak memerlukan kepemimpinan dari luar."

Kemlu Rusia menambahkan, Rusia akan sangat senang bekerja dengan Amerika di "negara-negara ketiga". Lembaga nonpemerintah Rusia, yang sangat bergantung pada lembaga asing untuk aktivitas mereka sudah mengungkapkan keprihatinan terkait pendanaan di masa mendatang.

Lembaga independen pemantau pemilu Golos, yang melaporkan ketidakwajaran dalam pemilu parlemen Desember lalu, menggambarkan langkah pemerintah itu sebagai "pukulan berat".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com