Kompas.com - 20/09/2012, 20:10 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

DEPOK, KOMPAS.com - Pusat Pengembangan dan Karir atau Career and Development Center UI (CDC) Universitas Indonesia (UI) memperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia, tracer study online atau studi pelacakan jejak lulusan/alumni secara online.

Data terakhir berdasarkan tracer study UI 2011 oleh CDC UI diketahui bahwa masa tunggu kerja lulusan UI adalah tiga bulan yang berarti meningkatnya employability lulusan UI serta baiknya daya serap dunia kerja lulusan UI.

 

Hal itui diungkapkan Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Anis, pada pembukaan UI Career & Scholarship Expo ke-14 di Kampus UI Depok, Kamis (20/9/2012). Hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatanan Tenaga Kerja, Kementerian Tenaga Kerja, Firdaus Badrun .

 

Selain itu, pada 22-25 Oktober 2012, CDC UI juga turut berpartisipasi sebagai panitia dalam kegiatan International Conference mengenai tracer study bertajuk Experiences with Link and Match in Higher Education.

Konferensi berskala internasional yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini akan dihadiri oleh sekitar 500 orang pimpinan universitas dan institusi pusat karir serta peneliti tracer study dari dalam dan luar negeri.

 

UI Career & Scholarship Expo merupakan event setahun dua kali yang dijalankan oleh CDC UI di bawah naungan Direktorat Hubungan Alumni UI. CDC UI merupakan wadah pengembangan kualitas SDM bagi para alumni UI untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.

Selain menyelenggarakan Career & Scholarship Expo, CDC UI juga menjalankan kegiatan lainnya seperti program persiapan karir (seminar dan training) serta tracer study (studi pelacakan jejak lulusan/alumni).

UI Career & Scholarship Expo XIV 2012 berlangsung pada tanggal 20-22 September 2012 dan diikuti lebih dari 64 perusahaan nasional maupun multinasional diantaranya PT Pertamina (persero), Danone Indonesia, ExxonMobil, PT Astra International, tbk dan PT Bank Mandiri (persero), Tbk.

Selain itu turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sepuluh lembaga
pendonor beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri seperti Aminef, IDP Education Australia dan University of Groningen. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.