Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Tunggu Kerja Lulusan UI Tiga Bulan

Kompas.com - 20/09/2012, 20:10 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Pusat Pengembangan dan Karir atau Career and Development Center UI (CDC) Universitas Indonesia (UI) memperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia, tracer study online atau studi pelacakan jejak lulusan/alumni secara online.

Data terakhir berdasarkan tracer study UI 2011 oleh CDC UI diketahui bahwa masa tunggu kerja lulusan UI adalah tiga bulan yang berarti meningkatnya employability lulusan UI serta baiknya daya serap dunia kerja lulusan UI.

 

Hal itui diungkapkan Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Anis, pada pembukaan UI Career & Scholarship Expo ke-14 di Kampus UI Depok, Kamis (20/9/2012). Hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatanan Tenaga Kerja, Kementerian Tenaga Kerja, Firdaus Badrun .

 

Selain itu, pada 22-25 Oktober 2012, CDC UI juga turut berpartisipasi sebagai panitia dalam kegiatan International Conference mengenai tracer study bertajuk Experiences with Link and Match in Higher Education.

Konferensi berskala internasional yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini akan dihadiri oleh sekitar 500 orang pimpinan universitas dan institusi pusat karir serta peneliti tracer study dari dalam dan luar negeri.

 

UI Career & Scholarship Expo merupakan event setahun dua kali yang dijalankan oleh CDC UI di bawah naungan Direktorat Hubungan Alumni UI. CDC UI merupakan wadah pengembangan kualitas SDM bagi para alumni UI untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.

Selain menyelenggarakan Career & Scholarship Expo, CDC UI juga menjalankan kegiatan lainnya seperti program persiapan karir (seminar dan training) serta tracer study (studi pelacakan jejak lulusan/alumni).

UI Career & Scholarship Expo XIV 2012 berlangsung pada tanggal 20-22 September 2012 dan diikuti lebih dari 64 perusahaan nasional maupun multinasional diantaranya PT Pertamina (persero), Danone Indonesia, ExxonMobil, PT Astra International, tbk dan PT Bank Mandiri (persero), Tbk.

Selain itu turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sepuluh lembaga
pendonor beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri seperti Aminef, IDP Education Australia dan University of Groningen. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com