Kompas.com - 21/09/2012, 23:02 WIB
EditorBenny N Joewono

BOGOR, KOMPAS.com — Nama rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto tercatat masuk dalam penjaringan bakal calon rektor periode 2012-2017, yang diusulkan oleh unit-unit kerja dan himpunan alumni perguruan tinggi itu.

"Dari 55 nama bakal calon, nama rektor IPB masuk dalam penjaringan yang telah diusulkan," kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB, Prof Dr MA Chozin, di Bogor, Jumat (22/9/2012).

Chozin mengatakan, Rektor IPB masih memiliki kesempatan untuk maju dalam pemilihan rektor kali ini karena ia baru satu periode memimpin.

Selain Rektor IPB, semua wakil rektor yang kini menjawab juga masuk dalam daftar penjaringan bakal calon yang telah diusulkan oleh unit kerja, dosen, dan himpunan alumni perguruan tinggi itu.

"Semua wakil rektor ikut masuk, kecuali satu orang, yakni Arif Imam Suroso, Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis," katanya.

Chozin mengatakan, dari 55 nama bakal calon rektor IPB yang telah terdata, 52 orang berasal dari internal kampus, sedangkan tiga orang lainnya berasal dari luar, yakni Bustanul Arifin, Roy Sembel, dan Imam Suseno.

"Mereka bertiga ini alumni IPB, seperti Pak Bustanul Arifin masih mengajar aktif, begitu juga Imam, kecuali Roy juga aktif di bisnis," katanya.

Chozin menambahkan, dengan banyaknya nama yang masuk, harapannya ada banyak pilihan untuk mendapatkan yang terbaik.

"Yang berat pengerucutannya karena pasti lewat seleksi cukup ketat. Dari 55 nama akan diambil sebanyak 30 orang, lalu diseleksi lagi sembilan nama, menjadi enam dan tiga," katanya.

Terkait nama rektor dan wakil rektor yang masuk dalam bursa bakal calon rektor. Pada saat seleksi dan pemilihan raya, yang bersangkutan harus mengajukan cuti selama proses pemilihan berlangsung.

"Namun, tentunya ini tidak akan memengaruhi tugas dan jabatan rektor. Rektor tetap akan menjalankan tugas dan kapasitasnya bila ada tamu kenegaraan yang berkunjung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.