Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej Kukuhkan Tiga Guru Besar

Kompas.com - 25/09/2012, 13:40 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com- Universitas Jember mengukuhkan tiga guru besar sekaligus dalam waktu bersamaan yang digelar pada rapat senat yang dipimpin Rektor M Hasan di Aula Soetardjo, Jamber, Jawa Timur, Selasa (25/9/2012).

Mereka adalah Prof Bambang Sugiharto (bidang Ilmu Biokimia Tanaman, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama, Prof Joko Waluyo, dan Prof Achmad Subagio.

Pengukuhan tiga guru besar ini dihadiri Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan yang juga menyampaikan kuliah umum mengenai Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Pangan dan Pertanian Indonesia.

"Setelah saya berkomunikasi dengan para dosen di sini, hampir semua paham mengenai pertanian, meski terdiri dari berbagai disiplin ilmu," ungkap Rusman Heriawan.

Rusman mengaku baru kali ini menginjakan kaki di Kabupaten Jember. Sangat terasa sekali nuansa bidang pertanian setelah berada di lingkungan kampus yang rindang dan teduh.

Rektor Universitas Jember M Hasan menambahkan, penambahan tiga guru besar baru ini masih dirasa sangat kurang dibanding dengan pengajar atau dosen yang jumlahnya lebih 1.000 orang. Jika 10 persen dari jumlah dosen, mestinya guru besar ada 100 orang.

Sampai saat ini, jumlah guru besar yang mengajar di 15 fakultas, sekitar 40 orang. Untuk itu, Universitas Jember harus kerja keras untuk mengejar ketertinggalan.

Pengukuhan guru besar kali ini diisi pula dengan kegiatan expose kontribusi Universitas Jember dalam pembangunan pertanian. Sejumlah produk hasil pemikiran para sivitas akademika di bidang pertanian dan bidang yang masih terkait dengan pertanian ditampilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com