Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi: Tawuran di Bulungan Terkesan Direncanakan

Kompas.com - 26/09/2012, 16:07 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tawuran antar-pelajar yang terjadi di tugu Bulungan, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2012), dan menewaskan seorang siswa dari SMAN 6 memiliki kesan direncanakan. Berdasarkan penelusuran Kompas.com, beberapa saksi mata yang menyaksikan kejadian secara langsung diketahui ada beberapa senjata tajam yang ditemukan di sekitar lokasi kejadian.

RH, seorang penjual makanan kecil yang sehari-hari mangkal di sekitar tugu Bulungan, mengatakan, tawuran antar-kedua kelompok pelajar berjalan sekitar beberapa menit. Dalam rentan waktu itu, kedua kelompok sempat saling balas serangan. Akan tetapi, akhirnya kelompok pelajar dari SMAN 6 dipukul mundur oleh kelompok pelajar SMAN 70 yang menjadi lawannya.

"Anak-anak SMAN 6 mundur ke arah Blok M Plaza. Abis kejadian ada intel yang nemuin parang. Saya lari menyelamatkan gerobak," kata RH, Selasa (25/9/2012).

Sambil menunjukkan berita di sebuah surat kabar lokal, RH mengaku mengenali siswa yang menjadi korban pada tawuran siang itu. Berkali-kali ia mengatakan dirinya familiar dengan Alawy Yusianto Putra (15) karena sering kali berkumpul bersama teman-temannya di sebuah minimarket di kawasan itu.

"Saya ngeh sama anak ini, anaknya kecil, masih kelas I. Dia suka ngumpul bareng teman-temannya di situ (7eleven)," katanya sambil menunjuk foto Alawy yang terpampang di headline sebuah surat kabar.

Sementara AL, seorang juru parkir yang juga menyaksikan kejadian kemarin, mengatakan, tawuran antar-pelajar di wilayah ini sering terjadi. Meski demikian, kejadian kemarin, menurutnya, adalah yang paling mengerikan.

Dua kelompok pelajar yang jumlahnya hampir sama banyak tampak bentrok selama beberapa menit. Dia memperkirakan serangan sudah direncanakan sebelumnya.

"Saya sih enggak begitu paham, tapi kayaknya sudah direncanakan. Masa ada siswa bawa celurit. Tiba-tiba bentrok, dan ada ceceran darah di jalanan," ujarnya.


Berita terkait peristiwa ini dapat diikuti dalam topik "Tawuran SMA 70 dan SMA 6"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com