Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2012 Terjadi 11 Tawuran

Kompas.com - 27/09/2012, 20:01 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kasus perkelahian pelajar yang terjadi di Jakarta, masing-masing pada Senin (24/9/12) dan Rabu (26/9/12), menambah panjang deretan kekerasan antarpelajar. Alawy Yusianto Putra (15) dan Deny Yanuar (17) tewas setelah masing-masing dibacok di dada dan dikeroyok.

Kasus perkelahian antara SMAN 6 dan SMAN 70 yang menewaskan Alawy serta antara SMA Yake dan SMA Setia Bhakti yang menewaskan Deny bukanlah kejadian pertama.

"Tercatat sepanjang 2012, telah terjadi perkelahian pelajar sebanyak sebelas kali. Dari sebelas kejadian, ada 5 korban jiwa," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Kamis (27/9/12) di Mapolda Metro Jaya. Tahun lalu jumlah korban jiwa sebanyak lima orang.

Dari sebelas tawuran pelajar tahun ini, tiga di antaranya terjadi antarmahasiswa. Ketiganya melibatkan mahasiswa dari Kampus UPI YAI dan kampus UKI. Kedua kampus itu sama-sama berlokasi di Jalan Diponegoro, Kelurahan Kenari, Jakarta Pusat.

Selain itu, tawuran juga terjadi di Jalan Matraman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Peristiwa itu menimbulkan dua korban luka. Adapun tawuran di Jalan Ampera, Bekasi Timur, mengakibatkan satu orang tewas dan dua orang kritis.

Di Bundaran Bulungan, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jaksel, tawuran antarmurid SMA mengakibatkan 5 pelajar SMA Negeri 6 dan 2 pelajar SMA Negeri 70 mengalami luka-luka. Bentrok di lokasi tersebut juga mengakibatkan satu anggota Patko Res Jaksel terluka.

Sementara itu, di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakpus, tawuran menyebabkan seorang korban luka. Seorang korban tewas dalam tawuran di Stasiun Panjang Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur. Demikian juga seorang korban tewas di Jalan Raya Sawangan, Mampang Pancoran Mas, Depok.

Rikwanto menjelaskan, polisi telah memetakan titik-titik lokasi rawan tawuran di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Lokasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jalan Petojo Gambir
  • Jalan Kramat Jaya Senen
  • Jalan Letjen Suprapto Cempaka Putih (Jakpus)
  • Jalan Yos Sudarso
  • Jalan RE Martadinata Tanjung Priok (Jakut)
  • Tambora/Jembatan Besi
  • Jalan Daan Mogot (Jakbar)
  • Kawasan Bulungan
  • Jalan Buncit Raya
  • Jalan Bukit Duri (Jaksel)
  • Jalan Matraman
  • Jalan Otista
  • Jalan Raya Cakung (Jaktim)

Sementara untuk wilayah Depok, daerah rawan meliputi Jalan Raya Sawangan dan Jalan Merdeka. Wilayah lain yang termasuk rawan tawuran pelajar adalah Jalan Ahmad Yani dan Jalan Joyomartono di Kota Bekasi, pertigaan kawasan Hyundai dan jembatan fly over Cikarang Kota di Kabupaten Bekasi, Jalan MH Thamrin Cipondoh, dan fly over Jalan Jenderal Sudirman di Kota Tangerang), serta Jalan Raya Serpong Tangerang Selatan di Kota Tangerang Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com