Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.008 Peserta UNPK Paket A, Dinyatakan Lulus

Kompas.com - 27/09/2012, 23:12 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.008 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket A atau setara SD di Kaltim dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan, sehingga mereka berhak mendapat ijazah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Berdasarkan data yang sudah masuk, dari 1.051 peserta UNPK Paket A, sebanyak 43 peserta di antaranya tidak lulus. Namun mereka yang tidak lulus itu merupakan peserta yang terdaftar tetapi tidak mengikuti ujian," ujar Ketua Penyelenggara UNPK Provinsi Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Kamis (27/9/2012).

Asli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, dari peserta yang sebanyak 1.051 peserta itu, masih ada tiga daerah yang datanya belum masuk, yakni Kabupaten Kutai Kartanegra, Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung.

Berdasarkan data yang sudah masuk, lanjutnya, UNPK Paket A yang berlangsung pada Juli 2012 tersebut, jumlah peserta terbanyak adalah dari Kabupaten Nunukan yang mencapai 519 peserta dengan peserta yang tidak lulus sebanyak 27 siswa.

Peserta terbanyak kedua adalah dari Kota Samarinda sebanyak 111 orang, sedangkan yang tidak lulus sebanyak empat siswa. Terbanyak ketiga adalah dari Kabupaten Bulungan dengan jumlah 92 siswa, sementara yang tidak lulus UNPK Paket A hanya dua orang.

Dilihat dari sisi nilai, lanjutnya, perolehan dari peserta cukup menggembirakan karena tidak ada yang nilai rata-ratanya berada di bawah 6. Seperti untuk mata uji Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dengan nilai rata-rata 6,86.

Kemudian mata uji Bahasa Indonesia nilai rata-ratanya 7,55, Matematika dengan rata-rata 7,36, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan nilai rata-rata 7,18, dan mata uji Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan rata-rata 6,79.

Menurutnya, UNPK baik Paket A, B, dan C digelar dua kali (periode) dalam satu tahun. Untuk periode pertama digelar pada Juli, sedangkan untuk periode kedua digelar pada Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com