Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Pasifik: Unipas, Bukan Unpas

Kompas.com - 04/10/2012, 09:02 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Yayasan Perguruan Morotai yang mendirikan Universitas Pasifik akhirnya mengganti nama pendek untuk menyebut universitas yang baru dibuka tersebut. Sedianya Universitas Pasifik disingkat dengan nama Unpas, namun belakangan diganti namanya menjadi Unipas. Alasan, singkatan Unpas sudah ada di Indonesia, yakni Universitas Pasundan, di Bandung.

"Jangan sampai salah ya, bukan Unpas lagi tapi Unipas. Karena ada universitas yang juga disingkat Unpas sehingga singkatan nama universitas tidak boleh sama," ungkap Mohdar S Arif, Ketua Yayasan Perguruan Morotai, Kamis (4/10/2012).

Mohdar menambahkan, dibukanya Universitas Pasifik di Morotai dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Pulau Morotai dan Maluku Utara pada umumnya sebagai daerah terluar maupun daerah perbatasan. Sehingga diharapkan angka putus sekolah dapat ditekan.

Pembentukan Universitas Pasifik diprakarsai oleh Pemkab Pulau Morotai untuk mendukung program satu rumah satu sarjana. Sehingga dalam pengelolaannya oleh Yayasan Perguruan Morotai, akan dibantu oleh Pemkab Pulau Morotai berupa alokasi anggaran melalui APBD pada tiap tahunnya.

Pihak Yayasan juga menggandeng beberapa perguruan tinggi ternama seperti IPB Bogor dan Universitas Khairun Ternate dalam membantu proses perkuliahan, baik itu berupa penyediaan sumber daya manusia seperti dosen maupun peralatan-peralatan praktik. Rencananya, proses perkuliahan di Unipas sudah bisa berjalan pada bulan ini juga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com