Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Isi Seruan Rektor UGM

Kompas.com - 08/10/2012, 11:34 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Prof Pratikno turut menyerukan dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (8/10/2012) di Kantor Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Fakultas Hukum UGM. Demikian isi seruannya:

"Kami berpendapat dan berposisi bahwa KPK yang kuat dalam upaya pemberantasan korupsi, sangat penting untuk Indonesia. Oleh karena itu, kami UGM dengan ini:

1. Menyatakan keprihatinan yang mendalam dalam kaitan kejadian beberapa bulan belakangan yang menunjukkan sengkarut antara KPK dan Polri. Pertarungan antar lembaga penegak hukum antikorupsi hanya akan menjadi kemenangan bagi para koruptor. Karenanya, kami menolak segala bentuk tekanan terhadap anggota dan upaya pelemahan terhadap kelembagaan KPK.

2.Menghimbau berbagai pihak untuk menghentikan segala macam tindakan pelemahan tersebut, demi menjaga penegakan hukum antikorupsi yang memadai dan menjaga optimisme rakyat Indonesia.

3. Mendesak agar ada langkah cepat dan tepat dari Presiden RI dalam mendukung sepenuhnya KPK dalam pemberantasan korupsi, termasuk dalam mengupayakan penguatan posisi KPK sebagai lembaga extraordinary yang dibutuhkan dalam pemberantasan kejahatan luar biasa seperti korupsi.

4. Mendesak DPR menghentikan revisi UU KPK yang melemahkan kelembagaan KPK.

5. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar waspada terhadap segala bentuk kriminalisasi dan pelemahan gerakan pemberantasan korupsi yang mungkin saja setiap waktu dengan bentuk yang berbeda-beda.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com