Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Siswa SD Terpaksa Belajar di Kolong Rumah

Kompas.com - 09/10/2012, 10:25 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun menempati gedung sekolah yang nyaris ambruk karena lapuk dimakan usia, ratusan siswa SD 061 Maccera, Polewali Mandar, Sulawesi Barat kini terpaksa belajar di bawah kolong rumah warga, secara terpisah di empat lokasi.

Kondisi ini terpaksa dijalani karena gedung sekolah mereka kini sedang dalam tahap renovasi. Para guru berharap perbaikan sekolah bisa segera rampung, agar persiapan ujian nasional bisa dilakukan dengan lebih baik. Sejauh ini, para guru dan siswa mengeluh tak bisa belajar dengan konsentrasi karena tempat belajar yang tidak mendukung.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir. Terlebih, karena lokasi yang terbatas sejumlah kelas terpaksa digabung agar semua siswa bisa belajar secara bersamaan. Pemandangan itu pulalah yang terlihat saat Kompas.com, Selasa (9/10/2012) pagi mendatangi lokasi tersebut.

Jarak rumah satu dengan rumah lainnya yang mencapai satu kilometer membuat para guru kesulitan berkoordinasi. Belum lagi, lalu lalang warga di sekitar rumah yang dipakai sebagai tempat belajar pun semakin mengganggu konsentrasi anak-anak didik di sekolah itu. "Belajarnya tidak enak, banyak warga lalu lalang, sama saja bukan sekolah," ujar Rini Hajja Nurma, guru SD 061 Maccera.

Renovasi sekolah diperkirakan memakan waktu hingga tiga bulan ke depan. Rini dan para guru di sekolah itu kelihatannya harus bersabar lebih lama lagi dan menjalani proses belajar mengajar dalam segala keterbatasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com