Kompas.com - 09/10/2012, 18:34 WIB
Penulis Luki Aulia
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekolah boleh memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pendidikan menengah universal yang akan diluncurkan tahun depan untuk menumbuhkan budaya meneliti siswa SMA. Selain untuk penelitian, dana itu juga bisa digunakan untuk kegiatan seni budaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengemukakan hal itu seusai membuka Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2012, Selasa (9/10/2012), di Jakarta. "Ada satu item lagi yang ditambahkan di komponen BOS yang bisa dipakai untuk biaya penelitian," ujarnya.

Dana penelitian itu diharapkan akan menumbuhkan minat meneliti siswa SMA. "Untuk pendidikan menengah, tidak ada ketentuan berapa alokasinya. Bagi sekolah yang sudah punya budaya penelitian, diimbau untuk memanfaatkan," kata Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad.

Pemerintah mulai mengucurkan BOS untuk mendukung pendidikan menengah universal dengan jumlah Rp 1 juta per siswa setiap tahun mulai Juli 2013. Total anggaran untuk BOS masing-masing Rp 4,28 triliun untuk 4,25 juta siswa SMA dan 4,23 juta siswa SMK.

"BOS pada dasarnya fokus menunjang kegiatan pembelajaran, baik intra maupun ekstrakurikuler, termasuk penelitian," kata Hamid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.