Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Bercita-cita Ciptakan Robot "MacGyver"

Kompas.com - 10/10/2012, 19:47 WIB

KOMPAS.com - Profesor Mike Stilman dari Georgia Institute of Technology mengharapkan robot yang dibuat timnya dapat memecahkan masalah kompleks dan lolos dari situasi berbahaya. Namun, cukup hanya menggunakan objek-objek dan material yang ditemukan di lingkungan robot.

"Tujuan kami adalah membuat robot yang berperilaku bagai MacGyver, tokoh serial televisi pada tahun 1980-an," tegas Stilman.

Robot-robot saat ini belum dapat berinteraksi dengan objek-objek di sekitarnya sebaik manusia. Jika robot-robot ini terjebak dalam ruangan yang tengah membara dengan pintu yang tertutup, robot tidak akan mampu menemukan dan menggunakan objek untuk meloloskan diri.

Untuk pembuatan robot MacGyver ini, Stilman berusaha memahami proses dasar yang digunakan manusia untuk mengenali objek-objek sekitar dan menggunakannya untuk memecahkan masalah. Para peneliti akan menggunakan karya Stilman yang berhubungan dengan navigasi, yakni sebuah teknologi robotika yang memungkinkan robot memindahkan objek yang menghalangi jalannya.

Meskipun demikian, Stilman mengakui proyek ini sangat menantang karena ada perbedaan antara memindahkan objek dan menggunakan objek. "Peneliti dapat menggunakan sistem penglihatan untuk menemukan objek dan mempelajari lingkungan untuk menentukan arah, tapi sistem ini belum menyediakan informasi mengenai kegunaan suatu objek," kata Stilman.

Dengan memberikan robot pengetahuan dasar mekanika dan mesin sederhana, robot diharapkan mampu mengenali suatu objek lebih baik dari sehingga dapat memanfaatkan objek tersebut untuk keperluannya. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam membantu personel militer dalam menyelesaikan misi berbahaya. (Alex Pangestu/National Geographic Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com