Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSGI: Siapa Bilang UKG Kedua Lancar?

Kompas.com - 14/10/2012, 19:29 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Silaturahmi Guru Indonesia (FSGI) menolak untuk menyebut gelaran Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang kedua ini lancar dan tanpa masalah apapun.

Pasalnya hasil laporan dan pengaduan yang berhasil dihimpun FSGI selama 2-12 Oktober 2012 lalu menyebutkan masih adanya permasalahan yang ditemukan selama UKG kedua berlangsung, bahkan dalam pelaksanaannya pun, FSGI yang didampingi Lembaga Badan Hukum (LBH) Jakarta tetap bersikukuh untuk mengajukan uji materi atas Permendikbud No.57 tahun 2012 tentang UKG yang diajukan ke Mahkamah Agung beberapa waktu lalu.

"Sejak awal, kami sudah meminta pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tidak menggelar UKG dulu, tapi tetap saja digelar," kata Retno saat menggelar konferensi pers di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata Jakarta, Minggu (14/10/2012).

Dalam pernyataannya, ia meminta semestinya, sebelum ada keputusan MA, Kemdikbud menahan diri dulu untuk tidak menggelar UKG kedua ini. "Jadinya UKG kedua seperti ini, tidak benar kalau dikatakan lancar apalagi tanpa ada masalah," ucapnya sambil menunjukkan 'penyakit-penyakit' UKG ke-1 yang terulang.

Retno menyebutkan laporan dari 14 daerah menunjukkan kesalahan yang pernah terjadi pada UKG gelombang satu kembali terulang pada UKG gelombang kedua. "Laporan yang kami terima melalui SMS, telepon, BB (BlackBerry), FB (Facebook) dan juga email. Laporan ini akan kami ajukan ke kemdikbud," jelasnya.

FSGI juga meminta Kemdikbud mau mengakui kesalahannya dan mengikuti proses hukum yang diajukan di Mahkamah agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com