Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramuka Kebumen Peringkat Pertama Jota Joti Asia Pasifik 2012

Kompas.com - 18/10/2012, 12:54 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com — Organisasi kepramukaan Kwartir Cabang Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, meraih peringkat pertama saat mengikuti Jambore On The Air (Jota) dan Jambore On Internet (JOTI) Asia Pasifik 2012, Agustus lalu.

Dalam ajang tersebut, operator para pramuka Kebumen berhasil menjalin komunikasi dengan 191 stasiun radio dari dalam negeri dan 37 dari luar negeri.

Ketua Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kebumen Halim Dani Hidayat, Kamis (18/10/2012), mengatakan, hal-hal yang diperkenalkan para pramuka Kebumen dalam komunikasi udara dan internet tersebut salah satunya potensi daerah, dengan mengenalkan obyek wisata, makanan kuliner, dan budaya.

"Dengan hasil pada Jota Joti Asia Pasifik tersebut, Kwarcab Kebumen menggandeng ORARI kembali mengikuti Jota Joti internasional 2012, selama tiga hari mulai tanggal 19-21 Oktober 2012 mendatang," tuturnya.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kebumen Kinanto menambahkan, persiapan kegiatan Jota Joti internasional telah dilaksanakan. Di antaranya dengan mengadakan penyegaran kepada sepuluh pramuka remaja yang nantinya sebagai operator pada acara tahunan kepanduan seluruh dunia tersebut, dengan melakukan kontak satu sama lain lewat sarana radio amatir dan internet.

Sementara Kwarda 11 Jawa Tengah melalui surat edaran telah mengirimkan panduan bagi peserta untuk menggunakan antena 40 m band pada frekwensi 7.080 Hz. Adapun Kwarcab Kebumen akan menggunakan stasiun YB2TJV di Jalan Pahlawan 248, Kebumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com