Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Guru di Bangkalan Tak Bisa Jawab Soal UKG

Kompas.com - 19/10/2012, 19:29 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

BANGKALAN, KOMPAS.com - Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua yang diikuti sebanyak 2.730 guru dari semua tingkatan di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, ditemukan adanya ratusan guru yang tidak bisa menjawab soal-soal yang harus dikerjakan melalui sistem online di komputer.

Sekretaris Dinas Pendidikan Bangkalan Muhammad Kamil mengatakan, peserta UKG yang tidak bisa menjawab soal-soal itu didominasi guru sekolah dasar (SD). "Sejak hari pertama pelaksanaan UKG, ratusan guru SD hanya bisa menjawab 20 soal dari 100 soal yang diberikan," katanya, Jumat (19/10/2012).

Ditambahkan Kamil, guru yang tidak bisa menjawab soal-soal itu rata-rata yang sudah berusia 40 tahun ke atas dan tidak bisa mengoperasikan komputer. Sehingga dalam mengerjakan soal, mereka harus dibantu teknis pengisian jawaban oleh operator.

"Meskipun para guru itu tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan dalam UKG, tidak mempengaruhi terhadap kelulusan ujian. Pasalnya para peserta itu hanya untuk dipetakan saja," kata Kamil.

Khusus guru yang nilai UKG tidak sampai 100, maka mereka harus mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan. Tahun 2013 mendatang, semua guru yang sudah mengikuti pendidikan keprofesian berkelanjutan, akan ditindaklanjuti dengan lokakarya sosialisasi sesuai hasil pemetaan.

"Nanti semua guru yang akan mengikuti workshop dan pelatihan harus membawa laptop, sehingga apabila ada guru yang belum bisa IT, setidaknya bisa mengoperasikan komputer atau laptop," pungkas Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com