Bahasa Inggris Harus Tetap Ada

Kompas.com - 20/10/2012, 12:49 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana penghapusan mata pelajaran Bahasa Inggris dari kurikulum siswa Sekolah Dasar (SD) pada pergantian kurikulum tahun ajaran 2013/2014 mendatang ditentang Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti menyampaikan, mata pelajaran Bahasa Inggris harus tetap ada mengingat siswa SD sudah butuh pengenalan dasar berbahasa asing.

“Harus tetap ada, tetapi substansinya yang diubah,” ujar Retno kepada Kompas.com seusai menggelar Deklarasi Anti Korupsi di SMA Negeri 13 Jakarta Utara, Jumat (19/10/2012)

Perubahan substansi yang dimaksudnya adalah dengan menyesuaikan materi pelajaran Bahasa Inggris untuk SD dengan tingkatan usia anak.

"Anak seusia SD belum perlu belajar grammar atau tenses-nya. Tetapi, pelajaran Bahasa Inggris harus dibuat menyenangkan dan menarik buat siswa. Contohkan pengenalan kosa kata Bahasa Inggris yang sederhana yang dekat dengan mereka, semisal pengenalan tubuh dan benda-benda lainnya," jelasnya lagi.

Selain itu, Retno juga menghawatirkan nasib para guru Bahasa Inggris SD yang jumlahnya tidak sedikit itu akan kehilangan pekerjaan atau bagiannya. Dia mengakui, kebijakan penghapusan pelajaran tersebut seperti ditunggangi dengan adanya kepentingan lain.

"Saya curiga, penghapusan bahasa internasional tersebut untuk membesarkan tempat les Bahasa Inggris yang mulai tidak laku itu. Nanti anak-anak akan lari kemana kalau bukan ke lembaga-lembaga kursus," katanya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X