Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Publik Gunakan Tiga Pendekatan

Kompas.com - 23/10/2012, 02:40 WIB

Tangerang, Kompas - Sebelum pengesahan, revisi kurikulum pendidikan nasional yang saat ini masih digodok akan melalui proses uji publik pada Desember mendatang. Setelah diuji publik dan mendapat berbagai masukan, seluruh penyusunan kurikulum baru ini diharapkan selesai Januari atau Februari 2013. Rencananya, rancangan kurikulum itu akan dikonsultasikan kepada wakil presiden sebagai ketua komite pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan, uji publik tersebut akan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, melalui laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kedua, dengan mengundang para pemangku kepentingan pendidikan untuk mengikuti diskusi kelompok terfokus atau seminar. Ketiga, forum khusus dengan para guru karena guru berpengaruh pada berhasil atau tidaknya pelaksanaan kurikulum.

”Bahan-bahan akan diunggah ke laman Kemdikbud. Silakan masyarakat baca dan beri komentar. Kurikulum juga harus dilihat dari perspektif guru. Kami tidak ingin kurikulum baru ini dinilai eksklusif buatan pemerintah. Ini buatan kita semua,” ungkap Nuh seusai penutupan Karya Bhakti Bedah Sekolah 17 gedung sekolah dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 TNI, Senin (22/10), di Tangerang, Banten.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud Suyanto menambahkan, perumusan kurikulum baru masih dibahas di tim internal dan pakar pendidikan. Perubahan yang akan dilakukan sebenarnya lebih menyederhanakan agar tidak berat bagi siswa. Tren ini juga terjadi di Polandia, Filipina, Laos, dan Kamboja.

Sampai sejauh ini, menurut Suyanto, tim penyusun telah menyepakati standar kompetensi lulusan serta masih membahas standar kompetensi dan kompetensi dasar. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com