Kompas.com - 23/10/2012, 10:11 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

SERANG, KOMPAS.com — Dalam rangka HUT Ke-67 TNI, TNI melakukan bedah sekolah di 17 sekolah yang tersebar di wilayah Jabodetabek dengan besar anggaran Rp 4,5 miliar. Kegiatan bedah sekolah ini merupakan wujud realisasi dari kesepakatan bersama antara TNI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan kesepakatan TNI dengan Mendikbud terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional ini sudah dilakukan pada 7 September. Pasalnya, kualitas pendidikan penting diperhatikan karena berguna untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Bangsa yang cerdas membuat berkembangnya suatu negara. Ini bukan hanya untuk generasi yang ada saat ini tapi juga untuk kelangsungan hidup generasi selanjutnya," kata Agus saat Penutupan Karya Bakti Bedah Sekolah, di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda, Kronjo, Serang, Banten, Senin (22/10/2012).

Ia menjelaskan bahwa pendidikan, moral, dan etika merupakan hal yang dibutuhkan untuk mempertahankan negara pada era globalisasi ini, mengingat perkembangan globalisasi yang ada saat ini kerap melewati batas sehingga harus waspada.

"Globalisasi memang baik tapi harus seimbanh dan diwaspadai agar prosesnya berjalan sesuai," jelas Agus.

Ia juga mengingatkan agar lahirnya budaya global saat ini tidak menghilangkan budaya nasional yang ada. Untuk itu, awal mula pendidikan dan pengenalan budaya dilakukan melalui institusi formal yaitu sekolah.

"Untuk itu, sebanyak 17 sekolah ini dipilih untuk dijadikan sasaran bedah sekolah. Ini juga untuk membantu percepatan pembangunan nasional," ungkapnya.

Bedah sekolah yang dilaksanakan dari 7 Agustus-4 Oktober ini meliputi pembenahan infrastruktur bangunan sekolah seperti pemasangan lantai, perbaikan atap dan lain-lain. Berikut daftar sekolah yang dipilih untuk bedah sekolah :

1. Wilayah Jakarta Pusat :
- SD Yayasan Darusalam dengan anggaran Rp 203.557.850.
- PAUD Nurani Insani dengan anggaran Rp 114.516.300.

2. Wilayah Jakarta Utara :
- SD Sinar Solor Tanjung Priok dengan anggaran Rp 124.974.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.