Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Palangkaraya Akan Laksanakan Sumpah Pemuda II

Kompas.com - 23/10/2012, 13:24 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kalangan mahasiswa dan pemuda di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, akan melaksanakan Sumpah Pemuda Jilid II pada 28 Oktober 2012. Kegiatan itu juga akan dilakukan rekan-rekan mereka di berbagai provinsi se-Indonesia secara serentak.

Panitia Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II Kalteng, Yusup Roni Tamanggung Singapuar, di Palangkaraya, Selasa (23/10/2012), mengatakan, aktivitas itu dilakukan sebagai ajang unifikasi seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pemuda, untuk membangun kesadaran kritis.

"Kesadaran diperlukan untuk menjawab tantangan kebangsaan hari ini dan esok. Di Palangkaraya saja sudah 13 lembaga yang menyatakan kesediaannya untuk bergabung," katanya. Pada hari dilaksanakannya Sumpah Pemuda Jilid II, diperkirakan 15-20 lembaga akan ikut berpartisipasi.

Lembaga-lembaga yang sudah menyatakan persetujuannya untuk membacakan Sumpah Pemuda Jilid II, antara lain, Gerakan Pemuda Antikorupsi Kalteng, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Palangkaraya, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Palangkaraya.

"Kalau jumlah peserta yang ikut, kami targetkan sebanyak mungkin. Kami mendapatkan informasi, di Jakarta sudah terkumpul 33 lembaga yang akan ikut bergabung," katanya.

Kalimat-kalimat dalam Sumpah Pemuda Jilid II sama dengan pernyataan pada tahun 1928, hanya ditambahkan berideologi satu, Ideologi Pancasila; kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945; Negara Kesatuan Republik Indonesia harga mati; dan Bhinneka Tunggal Ika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com