Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Juara Dua Peraup Pundi Iklan 'Mobile'

Kompas.com - 24/10/2012, 16:11 WIB

KAREN BLEIER / AFP Berbisnis online melalui Facebook banyak terkendala dengan human error.


KOMPAS.com - Facebook berhasil menjadi perusahaan terbesar kedua yang meraih banyak untung dari iklan di perangkat mobile, setelah Google. Ini terlihat dari laporan keuangan Facebook pada kuartal 3 tahun 2012, yang dirilis Selasa (23/10/2012).

Facebook meraup pendapatan dari iklan sebesar 1,09 miliar dollar AS. Empat belas persen di antaranya, atau sebesar 152,6 juta dollar AS, didapat dari iklan di perangkat mobile.

Facebook telah menyatakan keseriusannya untuk menggarap bisnis iklan di perangkat mobile. Tak hanya iklan, Facebook makin serius memperbaiki layanan jejaring sosialnya yang diakses dari perangkat smartphone, termasuk iOS, Android, dan BlackBerry.

Menurut data bulan Oktober, pengguna Facebook saat ini telah mencapai 1 miliar, 600 juta pengguna di antaranya mengakses lewat perangkat mobile.

"Orang-orang lebih banyak menggunakan perangkat mobile,” kata CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Dalam laporan keuangan kuartal 4 tahun ini, Facebook membukukan kerugian sebesar 59 juta dollar AS saat pendapatan perusahaan naik 32% pada kuartal tiga tahun ini. Pendapatan situs web jejaring sosial terpopuler ini naik menjadi 1,26 miliar dollar AS pada periode bulan Juli dan September.

Facebook mulai memperdagangkan sahamnya di bursa Nasdaq, New York, pada 18 Mei 2012. Facebook menjual 421.233.615 lembar saham, dan saat penawaran umum saham perdana (IPO), Facebook menetapkan harga 38 dollar AS per lembar saham. Sayangnya, harga per lembar saham terus anjlok hingga mencapai 50% dari harga IPO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com