Kompas.com - 25/10/2012, 20:33 WIB
Penulis M Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan tinggi China terus membuka diri dengan makin maraknya perguruan tinggi asing dan lokal China yang membuka program studi (prodi) gelar berpengantar bahasa Inggris. Hal ini karena semakin meningkatnya jumlah mahasiswa lokal China dan mahasiswa asing menempuh studi dalam program tersebut.

"Mahasiswa lokal China mengikuti prodi gelar universitas mancanegara dengan bahasa Inggris, karena peluang kerja bagi mereka semakin luas dengan menguasai bahasa Inggris dan hemat biaya tanpa ke negara tersebut," kata Samuel Wiyono, Ketua Beijing Language & Culture Institute (BLCI),   dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Terlebih lagi bagi mahasiswa Indonesia, lanjut dia, yang telah menguasai bahasa Inggris, dapat langsung kuliah ke jenjang S-1 atau S-2 di China. Para pelajar tersebut juga tidak harus terlebih dulu belajar bahasa Mandarin sehingga bisa menghemat waktu studi.

"Mereka juga dapat belajar Mandarin secara gratis selain mendapat ijazah dari Inggris atau Australia," jelas Samuel di sela persiapan Pameran Pendidikan China ke-15 (PPC15).

Tahun ini, PPC akan digelar di Mangga Dua Square, Jakarta, pada 3 dan 4 November, di Pop Haris Hotel, Denpasar, pada 7 dan 8 Nopember, serta di Hotel Tunjungan, Surabaya, pada 10 dan 11 November. Selain mendapat informasi pendidikan, para pelajar juga dapat langsung mendaftar agar berkesempatan mendapat beasiswa langsung atau gratis biaya registrasi dan pendaftaran dari beberapa universitas peserta pameran.

Selain itu, menurut Samuel, uang sekolah di China juga cukup terjangkau, yakni berkisar mulai Rp 18 juta sampai Rp 40 jutaan per tahun di universitas negeri milik pemerintah. Sedangkan universitas dengan gelar dari Inggris atau Australia uang kuliahnya lebih tinggi.

"Namun, total biaya menjadi lebih rendah dibandingkan mereka kuliah langsung ke Inggris atau Australia, bahkan mampu berbahasa Mandarin selain nantinya bisa fasih berbahasa Inggris," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.