Undip Kirim 50 Mahasiswa Asing Belajar ke Karimunjawa

Kompas.com - 26/10/2012, 18:34 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk memperkenalkan kekayaan laut Indonesia berikut ekosistem di dalamnya kepada para mahasiswa asing, selama sepekan (29 Oktober-3 November 2012) Universitas Diponegoro Semarang menggelar kegiatan "Tropical Course and Culture" bagi 50 mahasiswa asing yang belajar di Undip. Kegiatan ini akan berlangsung di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

"Dalam acara itu selain mengenalkan lingkungan laut tropis, para mahasiswa asing juga akan dibekali dengan konsep-konsep yang terkait seperti ekosistem laut dan kajian pesisir," ujar Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso, Jumat (26/10/2012) di Semarang, Jawa Tengah.

Selama mengikuti kegiatan tersebut, semua peserta akan mendapatkan bimbingan dari para pakar seperti pengelolaan lingkungan berkelanjutan, pengetahuan daerah pesisir tropis, pengembangan budaya, dan kearifan lokal untuk penataan lingkungan yang berkesinambungan, penyakit tropis.

Menurut Agus, selain belajar di kelas, para mahasiswa asing tersebut juga akan diajak untuk melakukan kegiatan jungle tracking in the forest (mengenal hutan tropis karimunjawa, serta mengeksplorasi kekayaan fauna dan magroove dan tanaman yang tumbuh dilahan basah lainnya).

Setelah mengelilingi hutan tropis mahasiswa akan diajak mengunjungi kampung bugis, berinteraksi dengan nelayan, petani, dan pemangku kepentingan di sektor pariwisata. Kegiatan akan dilanjutan dengan grup diskusi fokus.

"Melalui kegiatan ini keunggulan dan potensi bahari Indonesia yang luar biasa besar, diharapkan lebih dikenal luas dunia internasional lewat mahasiswa asing tersebut," ujar Agus. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X