Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekskavasi Jambangan Lacak Migrasi

Kompas.com - 27/10/2012, 02:36 WIB

BLITAR, KOMPAS - Ekskavasi goa Jambangan di Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur, berakhir Kamis (25/10). Goa Jambangan salah satu titik ekskavasi dalam usaha studi paleoantropologi Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga menemukan jawaban atas pertanyaan penduduk asli atau sejarah hunian Indonesia.

”Jawa dan umumnya Nusantara dikenal sebagai perlintasan ras-ras manusia kuno, sebelum akhirnya bisa menghuni dan menetap setelah mengembangkan permukiman dan domestikasi pertanian,” kata Rusyad Adi Suriyanto dari Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi UGM di Blitar, kemarin. Hasil riset, termasuk dari masa penelitian zaman kolonial, meyakini bahwa kepulauan Nusantara merupakan titik temu dua kelompok ras Asia daratan dengan ras penghuni kepulauan Pasifik.

Ekskavasi di Kademangan, Blitar, dilakukan 21 mahasiswa Program Studi Antropologi FISIP Unair selama tiga hari. Goa Jambangan sepanjang 50 meter dan tinggi belasan meter diyakini tempat manusia kuno Jawa masa 10.000-7.000 tahun silam.

”Mereka manusia modern seperti kita, tetapi hidup dengan kebudayaan sederhana. Bisa dikategorikan dari masa akhir kebudayaan paleolitikum (zaman batu tua) atau awal paleometalik (peradaban logam). Selain peralatan kebudayaan, tim juga menemukan sisa makanan dari flora dan fauna,” kata Rusyad.

Pengajar pada studi Paleoantropologi FISIP Unair, Toety Koesbardiati, mengakui, banyak hal bisa dijelaskan dari temuan itu, tapi perlu studi lanjut.

Goa kapur di Blitar, Malang, dan Tulungagung telah menjadi sasaran riset karena temuan tumpukan bekas makanan dan alat manusia kuno. (ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com