Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemitraan Pemerintah-Swasta Dukung Kemajuan Pendidikan

Kompas.com - 28/10/2012, 19:35 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengambil momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Indonesia Berkibar dicanangkan di Jakarta, Minggu (28/10/2012).  

Gerakan ini merupakan kerjasama pemerintah, swasta, dan komunitas masyarakat, sebagai salah satu perwujudan dari kepedulian terhadap kualitas pendidikan di Indonesia, dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Hadir dalam peresmian Gerakan Indonesia Berkibar adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

"Semakin banyak pihak-pihak yang terlibat untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, semakin besar pula harapan menuju Indonesia yang lebih baik," kata Nuh.

Pendidikan merupakan sarana utama pembentukan generasi penerus bangsa. Semakin maju kualitas pendidikan maka semakin maju pula negara tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentu saja pemerintah tidak dapat bekerja sendirian mengatasi masalah pendidikan. Indonesia membutuhkan kerjasama dari berbagai lapisan masyarakat, guna memenuhi kebutuhan pendidikan yang berkualitas dan merata di seluruh negeri.

Gerakan Indonesia Berkibar merupakan gerakan nasional yang mengajak peran serta korporasi, baik swasta maupun BUMN, media, dan komunitas, untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam membangun pendidikan di Indonesia. Gerakan dimulai di daerah tempat institusi itu beroperasi, sehingga kualitas pendidikan yang baik dapat merata di seluruhnegeri.

Gerakan Indonesia Berkibar  berperan sebagai wadah yang mengusung Kemitraan Pemerintah-Swasta (Public-Private Partnership), dengan mempertemukan para mitra dan memberikan solusi nyata bagi pendidikan Indonesia.

"Kami optimistis bahwa dengan dukungan positif dari berbagai pihak dan kapasitas program yang dibangun oleh Gerakan Indonesia Berkibar, maka semakin besar kesempatan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan berkualitas,"kata Nuh.

Shafiq Pontoh, Ketua Umum Komite Gerakan Indonesia Berkibar, mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya dibutuhkan di kota-kota besar, tetapi juga di kota kecil, dan tidak hanya di Jawa tetapi di luar Jawa.

"Apabila perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, maka tidak hanya segi kuantitas melainkan kualitas kesejahteraan masyarakat pun lebih baik, sehingga mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia yang lebih baik," ujar Shafiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com