Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Makin Rakus, iOS Perlahan Tergerus

Kompas.com - 30/10/2012, 10:06 WIB

hypebeast.com Ilustrasi: Sistem operasi Android dan iOS

KOMPAS.com — Perlahan tapi pasti, Android dan Samsung berhasil merebut pangsa pasar (market share) dari Apple.

Pangsa pasar perangkat iPhone dan iPad besutan Apple di kuartal 3 tahun fiskal 2012 terus menurun. Sebaliknya, platform Android dari segi tablet dan penjualan smartphone Samsung terus meningkat.

Menurut Strategy Analytics and ABI, seperti dikutip dari InfoWorld, market share iOS pada kuartal 3 tahun 2012 dari segi tablet menurun dari 65 persen ke 57 persen, sedangkan platform Android meningkat drastis dari 29 persen ke 41 persen.

Dari segi smartphone, Apple sebenarnya mendapatkan peningkatan yang cukup baik. Mereka memperoleh peningkatan tahunan sebesar 58 persen, mengapalkan iPhone sebanyak 26,9 juta unit dibandingkan 17,1 juta unit pada tahun lalu.

Sementara Samsung memperoleh peningkatan yang jauh lebih besar, yaitu hingga 109 persen. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengapalkan 55,5 juta unit smartphone, meningkat dari angka 26,5 juta unit.

Secara total, terdapat 24,7 juta unit tablet yang dikapalkan pada kuartal 3 tahun 2012 ini. Nilai tersebut meningkat 43 persen dari angka 17,2 juta unit pada tahun yang lalu.

Pasaran smartphone dunia mengalami sedikit peningkatan. Di antara kuartal 3 tahun 2011 dan 2012, terjadi peningkatan sebesar 32,8 persen dengan jumlah unit yang dikapalkan sebesar 155,5 juta unit.

Pertarungan perangkat tablet dan smartphone ini masih jauh dari kata usai. Microsoft sendiri sudah memperkenalkan Windows 8 dan Windows Phone 8. Diluncurkannya kedua platform ini diyakini akan membuat peperangan perangkat tersebut semakin seru.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com