Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada UKG Gelombang Tiga, Guru-guru Terkejut

Kompas.com - 06/11/2012, 15:34 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para guru terkejut dengan adanya penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang tiga yang dimulai pada Senin (5/11/2012) lalu. Bahkan banyak guru yang mendapat undangan mendadak terkait dengan UKG ini. Sekretaris Jendral Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, mengatakan bahwa UKG gelombang dua diketahui telah selesai pada 2 November lalu. Namun yang terjadi, muncul UKG gelombang tiga yang tak pernah terdengar sosialisasinya di kalangan guru-guru.

"Harusnya kan selesai 2 November. Kami bahkan sudah menutup posko pengaduan UKG pada tanggal tersebut," kata Retno saat jumpa pers di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jalan Kalibata Timur, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

"Tapi tiba-tiba banyak e-mail yang masuk isinya aduan tentang pelaksanaan UKG gelombang tiga. Kami juga kaget," jelas Retno.

Ia juga menambahkan bahwa sosialisasi yang minim terkait pelaksanaan UKG gelombang tiga ini hampir terjadi di seluruh wilayah. Bahkan para guru mengadu mendapat undangan mendadak untuk mengikuti UKG gelombang tiga.

"Ada yang dapat undangan sehari sebelum pelaksanaan. Tapi ada juga yang dapat undangan paginya lalu siangnya harus ikut UKG," ungkap Retno.

Padahal masalah sosialisasi UKG ini sudah berkali-kali disinggung oleh pihak FSGI terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun pada kenyataannya, masalah sosialisasi ini tidak kunjung diperbaiki sehingga akibatnya para guru mengikuti UKG tanpa persiapan.

Seperti diketahui, UKG gelombang pertama telah dijalankan pada Agustus lalu dan berlanjut dengan UKG gelombang kedua pada Oktober hingga November ini. Sementara untuk UKG gelombang tiga sama sekali tidak pernah disebutkan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com