Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD Empat Negara Asia Ikut Kompetisi Matematika dan Sains

Kompas.com - 07/11/2012, 16:01 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 40 siswa Sekolah dasar (SD) dari Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Indonesia mengadu kemampuan dalam bidang Matematika dan Sains, baik secara teori maupun eksplorasi, dalam ajang Asian Science and Mathematics Olyimpiad for Primary School (disingkat ASMOPS) di Tangerang yang dibuka pada Rabu (7/11/2012). ASMOPS merupakan kompetisi persahabatan, suatu perlombaan pendidikan bidang Matematika dan Sains tingkat SD yang terbentuk atas inisiatif Prof. Yohanes Surya.

 

ASMOPS tahun ini dibuka oleh Prof Yohanes sebagai pendiri Surya Institute dan penggagas lomba ASMOPS, Ali Gozali sebagai Presiden ASMOPS, dan Srisetiowati Seiful sebagai Direktur Eksekutif Surya Institute. Pembukaan ditandai dengan keluarnya asap yang berasal dari 3 kendi yang berisi campuran hidrogen peroksida dan kalium permanganat.

 

Tujuan kompetisi ini diadakan adalah untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan kecintaan anak SD pada matematika dan sains. "Selain itu, ASMOPS juga menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan hubungan baik antar negara-negara di Asia," kata Yohanes.  

 

Peserta Indonesia yang berhasil mengikuti the 2nd ASMOPS adalah peserta yang berhasil lolos mengikuti seleksi. Seleksi itu sendiri dibagi dua tahapan; Seleksi tahap pertama diselenggarakan tanggal 29 September 2012 di 3 kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan menghasilkan 60 calon peserta dari total 354 anak. Kemudian, seleksi kedua diselenggarakan tanggal 19 - 20 Oktober di Kinasih Resort, Depok. Dari sini, terpilihlah 28 siswa SD terbaik Indonesia untuk mengikuti the 2nd ASMOPS.  

 

Pada penyelenggaraan ASMOPS, siswa SD tidak hanya akan mengerjakan melulu soal matematika atau sains saja. Kepekaan serta kemampuan mereka untuk memecahkan soal kombinasi matematika dan sains akan diasah, dikembangkan, dan diuji.   

 

 

Pemenang the 2nd ASMPOS akan diumumkan pada tanggal 9 November 2012 dengan kategori juara terbagi menjadi dua, yaitu individual dan tim.  

 

Lomba ASMMOPS terbagi dua yakni teori dan praktek. Soal teori terdiri dari 20 soal pilihan ganda atau jawaban singkat ditambah dengan 10 esai. Adapun untuk tahap eksplorasi terdiri dari dua soal matematika, dua soal sains, dan satu soal gabungan matematika dan sains. Soal kompetisi ASMOPS tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com