Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Teknis, UKG Tertulis di Sejumlah Daerah

Kompas.com - 08/11/2012, 06:40 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unifah Rosyidi membenarkan bahwa ada beberapa daerah yang melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan format offline atau tertulis. Ketidaksiapan infrastruktur secara teknis menjadi alasan satu-satunya.

"Iya benar ada yang menyelenggarakan UKG dengan sistem offline karena masalah teknis," kata Unifah kepada Kompas.com, Rabu (7/11/2012).

Dia menjelaskan bahwa sekitar tujuh persen wilayah di Indonesia memang sulit dijangkau listrik dan layanan internet sehingga diambil langkah untuk tetap mengadakan UKG dengan cara ujian tertulis agar para guru tersebut juga dapat diukur kompetensinya untuk peningkatan mutu pendidikan.

"Kan tidak semua seperti Jakarta. Jadi tidak ada masalah untuk beberapa wilayah melakukan ujiannya secara tertulis. Namun walau formatnya berbeda, soal yang diujikan tetap sama dengan yang mengikuti UKG secara online," jelas Unifah.

Sebelumnya diberitakan, UKG di sejumlah wilayah digelar secara tertulis karena daerahnya tidak dijangkau oleh sinyal yang memadai bahkan ada yang belum mendapat aliran listrik sehingga tidak memungkinkan melakukan ujian secara online.

Adapun beberapa daerah yang mengambil langkah untuk mengadakan UKG gelombang ketiga dengan cara ujian tertulis yaitu Way Kanan yang terletak di Lampung dan Muna, Kolaka, Kolaka Utara, Konawa Utara, Konawa Selatan, Bombana, Buton, Buton Utara dan Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com