Kompas.com - 08/11/2012, 19:41 WIB
EditorBenny N Joewono

BANDUNG, KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung akan menggelar Pekan Ilmiah dalam rangka ulang tahun perguruan tinggi itu pada 12-20 November 2012.

"Pekan ilmiah dalam rangka lebih mendekatkan Unpad kepada masyarakat sekaligus ’open house’," kata Ketua LPPM Unpad Prod Dr Wawan Hermawan di Bandung, Kamis (8/11/2012).

Menurut Wawan, kegiatan itu diagendakan sebagai media penyebarluasan hasil Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat kepada masyarakat.

Pekan Ilmiah Unpad kali ini diselenggarakan dengan melibatkan berbagai komponen dalam civitas akademikan Unpad, dengan Excellence for Indonesia.

"Pekan ilmiah ini dimaksudkan untuk mampu memberikan daya dorong pada pengembangan keilmuan yang bermanfaat bagi mayarakat secara luas dan memberikan kontribusi signifikan," kata Wawan.

Kegiatan Pekan Ilmiah akan digelar di Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang, dengan maksud untuk lebih memperkenalkan kampus Unpad di kawasan itu.

Beberapa kegiatan yang akan digelar adalah Olimpiade Padjadjaran yang meliputi gelar produk dan PKM 5 bidang serta olimpiade ilmiah tingkat SMA se-Jabar dan DKI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian Padjadjaran edu Fest yang menampilkan ekspo hasil penelitian, beda fakultas, job fair, pameran buku, apa Kabar Unpad, Lompa PKM 5 bidang tingkat Unpad.

Kegiatan lainnya workshop mengagas orientasi penelitian Unpad masa depan, Saresehan nasional serta beberapa kegiatan sosial seperti pengobatan umum, edukasi kesehatan gigi, Unpad Berbagi di desa binaan, Sembako Murah dan seminar ilmiah populer.

Terkait saresehan nasional, Ketua Panitia Dr Dwi Purnomo menyebutkan akan mengangkat masalah-masalah bangsa dalam bidang ekonomi dan pendidikan.

"Saresehan nasional akan dikemas selama empat hari, 18-21 November, diikuti pemuda-pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Menyatukan ide dengan gagasan mengenai tantangan, peluang dan solusi untuk Indonesia, baik masa kini maupun masa depan," kata Dwi.

Hasil pemikiran yang dicurahkan itu, kata Dwi akan diabadikan dalam sebuah buku yang bertajuk mengagas Indonesia Masa Depan dan diberikan kepada pemerintah sebagai bukti karya nyata pemuda penggerak perubahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.