Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Keren, Ikon BlackBerry 10 Dirombak?

Kompas.com - 09/11/2012, 07:31 WIB

Justin Sullivan/Getty Images/AFP CEO Research in Motion (RIM) Thorsten Heins memamerkan fitur-fitur baru BlackBerry 10 di konferensi BlackBerry Jam 2012 di San Jose, AS, pada 25 September 2012.

KOMPAS.com — Menjelang awal tahun 2013 yang dijanjikan sebagai waktu peluncuran perangkat BlackBerry 10, Research in Motion (RIM) terus membenahi bakal andalannya tersebut.

Menurut kabar terbaru, usaha pembenahan yang dilakukan kali ini adalah mengubah tampilan ikon. Seperti bisa dilihat di bawah, tampilan ikon pada sistem operasi BlackBerry 10 mengalami perubahan yang cukup kentara.

New-BlackBerry-10-Icons
Perbedaan tampilan ikon versi lama pada user interface perangkat BlackBerry 10 (kanan) dan versi barunya. (gambar: ubergizmo.com)

Seperti dilansir situs BerryReview, perubahan tersebut disinyalir terjadi karena rancangan awal RIM dinilai kurang bagus oleh para desainer aplikasi. Perusahaan asal Kanada itu rupanya mendengar masukan ini.

Lebih lengkapnya, RIM mengecilkan ukuran ikon dari ukuran 150 x 150 menjadi 114 x 114. Frame kotak yang melingkupi ikon dan caption diganti dengan background transparan disertai siluet ikon, mirip tampilan ikon pada tablet BlackBerry Playbook yang juga bikinan RIM.

Perusahaan ini pun dikabarkan telah memperbarui panduan membuat ikon untuk para pengembang aplikasi, yang antara lain mensyaratkan adanya efek lighting top-down 90 derajat dan drop shadow pada ikon.

Belum diketahui apakah desain baru ini akan berlaku untuk perangkat final BlackBerry 10 atau hanya versi Developer Alpha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com