Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NUS Cabut Beasiswa Pembuat Blog Seks

Kompas.com - 13/11/2012, 15:42 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Skandal blog seks yang mengguncang Singapura memasuki babak akhir. Harian The Straits Times melaporkan pihak National University of Singapore (NUS) secara resmi mencabut beasiswa Alvin Tan Alvin meski tetap diizinkan untuk menyelesaikan perkuliahan hukumnya di NUS.

Namun, akibat pencabutan beasiswanya, dia harus membayar sendiri semua biaya kuliah yang tersisa.

Publik sebelumnya mengeluarkan kritikan pedas setelah NUS secara kontroversial menolak mengumumkan secara terbuka sanksi yang dijatuhkan.

Dalam rilis resmi pekan lalu, NUS hanya menyampaikan universitas memutuskan Alvin bersalah atas perbuatannya yang mencemarkan nama baik universitas.

Menteri Pendidikan Singapura Heng Swee Keat ikut angkat bicara atas skandal ini. Dalam sesi tanya jawab di parlemen, Heng mengecam tindakan Alvin yang sangat tercela dan tidak menunjukkan kualitas sebagai seorang penerima beasiswa bergengsi.

"Saya sangat memahami kekecewaan masyarakat Singapura. Kementerian Pendidikan dan NUS jelas-jelas sangat tidak setuju dengan perbuatan ini," kata Heng.

Heng juga menyebutkan bahwa Alvin telah menjalani proses yang sangat ketat untuk menerima beasiswa ini. Namun, dia juga menambahkan penyimpangan seperti ini kerap terjadi.

Heng yakin bahwa NUS telah menyikapi dan memutuskan kasus ini dengan saksama dan tepat. Alvin ketika dihubungi menolak untuk berkomentar lebih jauh. Dia menyampaikan bahwa hal-hal terkait hukumannya adalah urusan pribadi yang tidak perlu dijelaskan lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com