Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal untuk Guru SMK di Malang Tak Bisa Dibuka

Kompas.com - 13/11/2012, 18:27 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sebagian besar peserta uji kompetensi guru (UKG) tahap III yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur, mengaku kecewa karena soal untuk guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak bisa dibuka. Salah seorang peserta UKG Sidik Priyono, Selasa, mengaku kecewa karena dua kali mengikuti UKG, dirinya dan peserta lainnya tidak bisa mengakses soal secara online di komputer.

"Soal Teknik Jaringan Komputer kembali tidak bisa dibuka. Pada saat membuka soal, tertulis ’data mata pelajaran anda tidak valid’, bahkan pada tahap pertama dulu juga tidak bisa dibuka, lebih baik kan pulang saja," tandasnya.

Sementara pengawas dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Aniek Suprapti mengatakan, hampir semua soal untuk guru SMK produktif, yakni teknik gambar, teknik informatika dan teknik jaringan komputer tidak bisa diakses.

"Kami tidak tahu kenapa bisa seperti itu atau mungkin soalnya belum tersedia secara online di komputer," katanya.

Ia mengakui, beberapa guru SMK yang sudah datang terpaksa harus pulang karena tidak bisa mengakses soal-soalnya di komputer. Bagi peserta UKG yang tidak bisa mengakses soal, dijadwalkan mengikuti UKG kembali 2013. Selain muncul persoalan tidak bisa dibukanya soal untuk guru SMK produktif, banyak peserta UKG yang absen. Seperti UKG yang digelar di SMAN 4, dari 20 peserta pada sesi pertama, hanya 14 guru yang hadir. Dari 14 guru yang hadir itu, 10 guru diantaranya kembali pulang karena soal untuk guru SMK produktif tidak bisa diakses.

Demikian juga dengan UKG sesi kedua, yang daang hanya tiga peserta. Sedangkan 17 peserta lainnya absen tanpa keterangan, bahkan dua dari tiga yang datang itu pun harus balik kucing karena soal yang ada juga tidak bisa dibuka. Sesuai data dari Disdik setempat, jumlah Peserta UKG tahap III yang seharusnya hadir berjumlah 213 orang. Tempat pelaksanaan UKG dibagi empat loaksi, yakni di SMPN 1 dan 3 serta SMAN 1 dan 4 Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com