Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Belajar ke Jerman, Kuasai Bahasa Apa Saja?

Kompas.com - 14/11/2012, 12:47 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengejar ilmu di negeri orang tentunya para pelajar dan mahasiswa dituntut untuk mampu berbahasa sesuai dengan negara tempatnya belajar. Namun bagi yang ingin bersekolah ke Jerman tidak perlu khawatir dengan masalah bahasa karena akan difasilitasi dengan kursus bahasa yang memadai.

Perwakilan dari DAAD Jakarta, Olivia Sopacua, mengatakan bahwa banyak program bahasa Inggris yang ditawarkan di Jerman. Meski begitu, para pelajar dan mahasiswa yang ingin ke Jerman tetap dituntut untuk mampu menguasai bahasa Jerman dengan tingkat dasar.

"Penguasaan bahasa Jerman ini diperlukan untuk sosialisasi. Sebenarnya untuk di Berlin banyak yang juga bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Tapi tentu akan lebih membantu dengan bahasa Jerman," kata Olivia kepada Kompas.com.

Untuk sertifikasi bahasa, jika memang yang dituju ada program berbahasa Inggris maka yang dibutuhkan tetap TOEFL atau IELTS. Namun jika yang diambil adalah program yang ada konten berbahasa Jerman maka tetap disyaratkan punya sertifikasi bahasa Jerman.

"Biasanya harus punya Testdaf. Sebaiknya diambil di Indonesia saja kalau untuk sertifikasi bahasa ini," jelas Olivia.

Tapi bagi para penerima beasiswa DAAD biasanya disediakan program persiapan kursus bahasa Jerman sebelum berangkat dan umumnya untuk jenjang sarjana. Sementara untuk jenjang master, kursus bahasa Jerman akan langsung dilakukan di Jerman.

"Kemampuan bahasa Jerman dan persiapannya ini biasanya diutamakan untuk perkuliahan yang programnya berbahasa Jerman-Inggris atau Jerman-Perancis," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com