Kompas.com - 16/11/2012, 18:36 WIB
|
EditorCaroline Damanik

CIBUBUR KOMPAS.com - Ada yang berbeda dalam Tur Edukasi Bumiku Lestari ke SD Global Mandiri, Kamis (8/11/2012). Dalam rangkaian kampanye cinta bumi yang digelar bersama World Wildlife Fund (WWF) dan Bank BNI itu, sejumlah anak anak berkebutuhan khusus dilibatkan.

Empat orang di antaranya didaulat menjadi penyanyi pengiring Oppie Antaresta di atas panggung Mobil Panda. Menurut salah satu guru, Dyah Ayu Pitaloka, dalam seminggu, mereka sudah mampu menghafal lagu-lagu bertema lingkungan yang diciptakan Oppie untuk kalangan anak-anak. Oppie yang sempat menyanyikan enam buah lagu merasa bangga dan terharu bisa terlibat dalam tur edukasi tersebut.

"Aku nggak nyangka. Aku terharu. Oke mereka anak-anak yang butuh perlakuan dan kasih sayang khusus, tapi mereka tetap anak-anak. Mereka mau berperan menyelamatkan bumi," katanya saat berbincang dengan Kompas.com usai acara.

Penanaman moral melalui buku dan lagu karyanya tersebut, menurut ibu satu orang anak itu tidak perlu dengan metode yang berat. Yang penting, anak-anak dapat meresponnya dengan baik sehingga aksi kecintaan terhadap bumi juga nyata.

"Yang penting semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan tadi, sebenarnya tidak saya bedakan. Anak ini juga seperti anak saya, teman anak saya. Asal mereka bisa terhibur, itu berarti mereka bisa meresponnya pula dan ternyata respon mereka sangat baik," serunya.

Oppie berharap pesan dalam lagu yang dibawkannya akan terserap dan membekas di benak anak.

"Saya dan rekan saya Iwa K senang, dalam penampilan tadi anak-anak selalu riang, sebab lagu dan buku dunia mereka. Kami ingin setelah dari kegiatan ini, mereka membawa pulang kesan dan pesan cinta pada bumu," terangnya lagi.

Selain melalui lagu dan musik, tur edukasi mengenai lingkungan hidup ini juga diisi dengan beragam aktivitas, seperti mendengarkan dongeng bertema lingkungan hidup oleh Kak Resha, menanam pohon, daur ulang 3R (recycle, reuse, reduce), menonton film edukasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.