Kompas.com - 16/11/2012, 22:59 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Sedikitnya 30 komunitas akan ikut memeriahkan perayaan Kompasianival 2012 di Skeeno Hall, Gandaria City Jakarta, Sabtu (17/11/2012). Apa saja yang akan disuguhkan di stan komunitas nanti?

Saat memantau pemasangan booth komunitas di Skeeno Hall, Jumat (16/11/2012), para penggiat komunitas telah mempersiapkan diri di lokasi, antara lain komunitas Milis Popok Kain, Emak-Emak Blogger, Koplak Yo Band, dan komunitas Desa Rangkat.

Milis Popok Kain

Kiti, salah seorang penggiat komunitas Milis Popok Kain menjelaskan, komunitasnya akan mencoba mengedukasi peserta Kompasianival 2012 seputar penggunaan popok kain. Kiti mengakui, saat ini banyak orang yang menganggap popok kain sesuatu yang aneh dan kuno. Padahal, di Indonesia sendiri penggunaan popok kain sudah sangat berkembang.

"Kita juga akan mendemonstrasikan penggunaan popok kain ke pengunjung dan menjelaskan kelebihan-kelebihan popok kain dibanding popok sekali pakai," jelas Kiti.

Popok kain sendiri merupakan jenis popok sekali pakai yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibandingkan popok sekali pakai atau biasa disebut Pospak. Popok kain terbuat dari kain dan banyak diproduksi oleh beberapa perusahaan kategori usaha kecil menengah (UKM).

Kiti mengakui, popok sekali pakai ini masih belum dikenal dan harga awalnya lebih mahal dibandingkan popok sekali pakai yang bisa diecer ribuan rupiah. "Sistem distribusinya juga msih masalah karena pembuatnya kategori UKM. Popok kain kebanyakan dijual secara online, meskipun sudah ada toko bayi yang menjualnya," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Milis Popok Kain sendiri dibentuk pada tahun 2009 untuk meningkatkan penggunaan popok kain. Anggotanya sudah mencapai 1.200 orang, terdiri dari pengguna, penjual dan juga produsen. Selain dari kalangan ibu-ibu, ada juga bapak-bapak yang bergabung ke milis ini.

Emak-Emak Blogger

Masih didominasi oleh kalangan perempuan, komunitas lain yang hadir di Kompasianival 2012 adalah Emak-Emak Blogger. Sesuai namanya, komunitas yang baru didirikan awal 2012 ini dibentuk sebagai tempat berbagi kaum ibu seputar pengalaman hidup dalam segala hal, mulai dari hubungan suami-istri, parenting, persahabatan, sampai urusan dapur.

Komunitas ini akan memperkenalkan dirinya ke para pengunjung Kompasianival 2012. Dengan semakin banyak pengguna Internet yang bergabung, diharapkan semakin banyak emak-emak yang ikut berbagi, mengekspresikan diri dan memperkaya jiwa mereka melalui tulisan.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.