Kompasianival 2012 Ditutup, Sambut Era Komunitas

Kompas.com - 17/11/2012, 23:30 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Hari Ulang Tahun Blog Kompasiana 2012 dengan tajuk Kompasianival 'Hero Inside You', telah selesai dilaksanakan. Sukses dengan blog berbasis opini warga, Kompasiana pun berbenah untuk menyambut era baru, yaitu era komunitas.

Pepih Nugraha, Redaktur Pelaksana Komunitas Kompas.com mengungkan apresiasi positifnya atas selesainya perayaan Kompasianival 2012. Menurut Pepih, kualitas perayaan ulang tahun blog berbasis warga tahun ini meningkat. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pengunjung serta pembicara yang hadir memeriahkan pesta kali ini.

"Alhamdulilah acara ini bisa berjalan lancar dan lebih besar ketimbang tahun lalu. Meski kita ulang tahun yang keempat, tapi Kompasianival ini sendiri sudah yang kedua, dari penyelenggaraan, pembicara, semua berbobot," ujarnya di sela-sela acara yang digelar di Skeeno Hall Gandaria City, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Menurut Pepih, acara kali ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya, yaitu eksperimennya terhadap partisipasi berbagai macam komunitas. Kesuksesan acara tahunan itu pun terbukti atas hadirnya seribu blogger lebih dari seluruh penjuru Indonesia serta 25 komunitas yang hadir.

Memasuki tahun keempatnya, Pepih berharap Kompasiana menjadi motivasi bagi munculnya situs lain yang memiliki konten opini masyarakat. "Sehingga Kompasiana punya sparing partner. Ini juga sebagai motivasi orang tak hanya menulis di satu web, merangsang kreatif masyarakat," lanjutnya.

Menanggapi era yang terus berkembang, Pepih menggambarkan, di zaman sekarang, komunitas masyarakat terus terbentuk, salah satunya dengan blog, di mana setiap orang bisa terhubung satu sama lain. Atas dasar itu lah Kompasiana melakukan inovasi dengan membuat microsite yang dapat mewadahi komunitas-komunitas.

"Banyak komunitas yang lahir dari Kompasiana, kita akan pertemukan. Kita akan tetap mengusung aktivitas komunitas. Dummy-nya sudah ada, rencananya tahun depan," lanjutnya.

Sebelum berakhir tepat pukul 21.30 WIB, panitia membacakan beberapa orang peraih penghargaan, yaitu Guru Paling Nge-Blog yang didapat Wijaya Kusuma, guru SMA Labschool dan Kompasianer Of The Year yang jatuh pada Maria Hardayanto, ibu rumah tangga yang selalu konsisten menulis tentang lingkungan hidup.

Maria Hardayanto mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya Kompasianival 2012. Ia berharap menulis yang menjadi basis aktivitas di Kompasiana dapat menjangkit masyarakat luas, terutama kaum muda. Karena dengan menulis, menurutnya, orang dapat berpikir lebih baik.

"Supaya nggak cuma ibu-ibu gaptek kayak saya saja yang menulis. Tapi anak muda juga. Khusus kepada Kompasiana, supaya kontennya makin berkembang," ujarnya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X