Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminat Sarjana Mendidik di Daerah Terpencil Meningkat

Kompas.com - 21/11/2012, 23:27 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) sebagai salah satu jalan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di pelosok nusantara. Peminatnya pun makin meningkat.

Program yang diluncurkan tahun lalu itu menjaring setidaknya 2.479 sarjana pendidikan di angkatan pertamanya. Tahun ini, 2.630 sarjana pendidikan yang siap menjadi guru multifungsi di wilayah pengabdian setelah lolos tes nasional di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

"Peminat SM-3T semakin banyak. Setidaknya ada lebih dari 10.000 sarjana pendidikan yang ikut dalam tes di LPTK pada beberapa waktu lalu itu," ujar Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud Supriadi Rustad saat ditemui Kompas.com usai menggelar workshop 'Sarjana Mendidik Pelosok Negeri' di Hotel Prasada Mansion, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2012).

Dia menegaskan, dengan berbekal keterampilan mendidik dan disiplin keilmuan yang memadai, para peserta SM3T dituntut mampu mendidik anak-anak di pelosok negeri. Mereka juga bahkan diharapkan mampu menginspirasi anak-anak pedalaman agar mau kembali bersekolah. Mengenai status, Supriadi mengatakan para calon guru ini tak perlu khawatir.

"Ini sebenarnya bentuk pengabdian, yang merupakan bagian dari kompenen untuk masuk Pendidikan Profesi Guru Terpadu (PPG-T). Mereka ini nantinya berhak atas tunjangan, dan akan diprioritaskan menjadi guru PNS.

"Di salah satu wilayah tugas, misalnya di Biak, jika mereka mau kembali ke sana, maka akan diperjuangkan menjadi posisi guru PNS," ucapnya lagi.

Selain lulus dari program SM3T, para calon guru ini berhak mengikuti PPG-T bersama Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan wajib tinggal di asrama. Setelah lulus dan menerima sertifikat, masing-masing guru berhak menentukan pilihannya untuk menjadi guru tetap di wilayah SM3T atau mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com