Kompas.com - 22/11/2012, 11:24 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Kongres pertama Bahasa Perancis di Asia Tenggara digelar selama dua hari, 21-22 November 2012, di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta. Kongres ini melibatkan 10 negara ASEAN dan diikuti 200 peserta dari berbagai kalangan.

Peserta kongres terdiri dari para pengajar bahasa Perancis di perguruan tinggi, SMA, Institut Français dan Alliances Française; para Presiden Asosiasi Pengajar Bahasa Perancis; para kepala jurusan bahasa Perancis dari berbagai universitas; para direktur kursus dan penanggung jawab pengajaran dari Institut Français, para atase bahasa Perancis dan koordinator bidang linguistik dari Kedubes Perancis se-ASEAN; para profesional penutur bahasa Perancis; para penanggung jawab pendidikan di 10 negara ASEAN, dan penanggung jawab Organisasi Frankofoni Internasional (OIF).

Pada kongres ini juga digelar berbagai pelatihan singkat mengenai teknologi baru yang berguna untuk para pengajar bahasa Perancis. Tema-tema yang diangkat adalah posisi bahasa Perancis saat ini, problematika penerjemahan, pengajaran dwibahasa dan jurusan bahasa Perancis di universitas, bahasa Perancis untuk dunia kerja, peran universitas dalam pengajaran bahasa Perancis di SMP dan SMA, serta pelatihan untuk para pengajar bahasa Perancis.

Selain itu, kongres juga menyajikan berbagai presentasi mengenai aneka kebijakan linguistik di Asia Tenggara serta mekanisme hubungan finansial dan berbagai proyek kerja sama antarjaringan frankofoni di negara-negara ASEAN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.