Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Kompas Karier Puas Dapat Wawasan Baru

Kompas.com - 22/11/2012, 14:25 WIB
Indra Akuntono

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Pengunjung Kompas Karier Fair (KKF) kembali disuguhkan sesi sharing. Dengan tips-tips sederhana yang diberikan seputar trik melamar dan memulai pekerjaan, para pengunjung mengaku puas karena memperoleh banyak wawasan baru seputar dunia kerja.

Vasko Gultom, seorang pengunjung yang meminati dunia asuransi menilai paparan nara sumber dalam sesi sharing banyak memberinya wawasan baru mengenai trik-trik sederhana saat melamar pekerjaan. Khususnya mengenai cara membuat curiculum vitae (CV) dan menarik perhatian melalui penampilan.

"Bagus banget, wawasan baru membantu saya dalam membuat CV dan cara berpakaian," kata Vasko, Kamis (22/11/2012), di KKF 2012, Uniland Plaza, Kota Medan.

Ditemui terpisah, Olenka Tiara Siregar juga menyampaikan hal senada. Menurutnya tips-tips yang diberikan dalam sesi ini sangat bermanfaat. Khususnya mengenai cara berkomunikasi dan kemampuan soft skill lainnya. "Banyak hal baru yang saya dapat, soal cara berkomunikasi saat tes wawancara dan lainnya," kata wanita yang tertarik dengan dunia perbankan ini.

Untuk diketahui, gelaran KKF 2012 di Uniland Plaza Kota Medan tak hanya memanjakan para pengunjung dengan puluhan stand perusahaan ternama. Tetapi juga memberikan waktu khusus untuk berbagi pengalaman terkait masa mencari dan memasuki dunia kerja.

Hadir sebagai pembicara dalam sesi sharing hari ini adalah Talent Management Corporate Human Resources Kompas Gramedia Menur Karen. Selama sekitar satu jam para pengunjung KKF di Medan diberikan tips melamar dan memulai pekerjaan.

Dalam kesempatan ini, Karen menyampaikan tips-tips ringan mengenai cara menulis curiculum vitae (CV), cara menghadapi interview, dan juga cara lolos dari psikotes serta tes bidang.

Para pengunjung yang didominasi usia fresh graduate nampak fokus mengikuti kuliah singkat yang diberikan. Dalam pembuatan CV, Karen mengimbau para peserta untuk membuat CV semenarik mungkin sehingga memiliki magnet untuk dibaca lebih lanjut.

Lainnya, Karen juga memberikan beberapa tips sederhana seputar tes interview yakni dengan cara menguasai background perusahaan serta posisi pekerjaan yang dilamar, termasuk juga menjaga kondisi fisik dan membuat komunikasi yang baik selama interview berjalan. Termasuk juga tips menghadapi psikotes dan tak lupa memberikan kesempatan peserta untuk bertanya.

KKF di Medan digelar selama dua hari, 21-22 November 2012. Hadir dalam event ini 35 perusahaan multi nasional yang bergerak di berbagai bidang. Para pencari kerja yang belum atau telat melakukan registrasi dapat langsung mengunjungi lokasi dan melakukan registrasi secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com