Kompas.com - 23/11/2012, 16:33 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) 2013 telah dirilis Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada pekan ini. Rencananya kisi-kisi yang sudah dapat diunduh melalui situs BSNP ini akan digunakan untuk tiga tahun ke depan.

Ketua BSNP Aman Wirartakusumah mengatakan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini diproyeksikan akan terus digunakan hingga tiga tahun ke depan.

Pasalnya, dari tahun ke tahun tidak terdapat banyak perubahan dalam kisi-kisi UN sehingga dipandang lebih efektif jika kisi-kisi yang baru ini tidak hanya dipakai untuk tahun depan.

"Kisi-kisinya tidak banyak perubahan. Ada memang, tapi hanya sedikit sekali. Untuk itu, kami rencanakan kisi-kisi ini berlaku untuk tiga tahun ke depan karena perubahan yang tidak banyak," kata Aman kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2012).

Terkait dengan perombakan kurikulum baru yang akan berimbas pada hilangnya UN, Aman mengatakan bahwa kurikulum baru terus dimatangkan hingga saat ini. Berbagai kemungkinan memang muncul, tetapi tetap melakukan persiapan dirasa tidak ada salahnya.

"Kami belum tahu ya. Ini kan masih terus digodok. Mau ada atau tidak ada UN, yang penting kami siapkan saja," kata Aman.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hari Setiadi mengungkapkan hal serupa.

Kisi-kisi UN 2013 ini tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi pada tahun sebelumnya sehingga para guru tidak perlu khawatir. "Sama saja kok tidak ada perbedaan yang besar. Jadi, saya rasa, guru dan murid pasti siap dengan UN ini," ungkapnya.

Mengenai variasi soal, sesuai dengan kebijakan dari pemerintah akan ada 20 variasi soal dalam setiap kelas sehingga masing-masing siswa akan mengerjakan soal yang berbeda.

"Ini dilakukan agar anak-anak konsentrasi dan fokus dalam mengerjakan soal UN yang dihadapinya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.