Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

216 Sekolah Negeri Baru Siap Dibangun

Kompas.com - 26/11/2012, 16:21 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan target Pendidikan Menengah Universal (PMU) yang akan dijadikan program andalan pada 2013 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan penambahan infrastruktur sekolah agar dapat menampung generasi muda yang ingin menuntut ilmu.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Pendidik Pendidikan Menengah Kemdikbud, Surya Dharma, mengatakan bahwa pihaknya memiliki target pada tahun 2020 negara ini didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk itu, sekitar 216 sekolah baru akan dibangun di seluruh Indonesia.

"Selain 216 sekolah baru, dibangun juga 12.000 sampai 14.000 ruang kelas yang bisa menampung anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan menengah," kata Surya saat jumpa pers Hari Guru Nasional 2012 di Lantai 17 Gedung D Dikti, Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Namun dengan penambahan infrastruktur saja tidak cukup, ia mengungkapkan bahwa selama ini tenaga pengajar yang ada masih kurang. Untuk itu, penambahan infrastruktur ini harus juga diimbangi oleh peningkatan kuantitas tenaga pengajar di berbagai daerah.

"Kalau sekolah ditambah tapi gurunya masih kurang sama sajanya tidak akan berjalan. Harus ada perekrutan guru-guru baru," jelasnya.

PMU yang akan dijalankan mulai 2013 ini bertujuan mempercepat capaian dn mengurangi disparitas Angka Partisipasi Kasar (APK). Sementara itu, program ini juga memiliki tujuan untuk memperbaiki komposisi SMA dan SMK. Dengan kata lain, pendidikan vokasi akan diperhatikan dan diperkuat dengan PMU ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com