Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

108 Beasiswa Bagi Calon Guru di Surya Institut

Kompas.com - 30/11/2012, 16:03 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemkot Palembang akan menambah sebanyak 108 beasiswa bagi calon guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota itu tahun depan.

Wali Kota Eddy Santana Putra, di Palembang, Jumat mengatakan pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 18 miliar untuk beasiswa pendidikan guru di Surya Institut.

"Sebanyak 108 mahasiswa telah mendapat beasiswa pendidikan guru di perguruan tinggi tersebut tahun ini, dan tahun 2013 akan ditambah dengan jumlah yang sama," kata Eddy Santana, Jumat (30/11/2012).

Menurut dia, lulusan SMA dari Kota Palembang dididik untuk menjadi guru di Surya Institut dengan target menguasai bahasa Inggris, biologi dan teknologi informasi serta bidang lainnya.

Lulusan Surya Institut nanti akan mengajar di sekolah-sekolah Palembang untuk mendidik siswa menjadi generasi muda yang mampu bersaing dalam bidang akademik dan keahlian lainnya.

Ia mengatakan, guru dengan pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu modal penting untuk mendorong generasi muda berprestasi. Targetnya, bukan hanya berprestasi secara nasional, tetapi juga kejuaraan dunia, seperti olimpiade.

Dia menjelaskan, sampai kini baru dua orang siswa di Kota Palembang yang berhasil memenangi olimpiade saint internasional.

"Dengan kehadiran guru-guru berkualitas yang kini sedang menjalani pendidikan secara gratis tersebut, saya optimis akan lebih banyak lagi siswa berprestasi," katanya.

Ia menambahkan, beasiswa bagi para calon guru tersebut dalam rangka untuk memenuhi kekurangan jumlah guru di daerah itu, terutama guru yang berkualitas.

Sementara, data yang dihimpun Antara, jumlah guru di Kota Palembang hingga saat ini tercatat sebanyak 28.741 orang, yang terdiri atas guru PNS dan non PNS guru tetap bertugas mengajar mulai tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com