Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Universitas Brawijaya Terima Gelar "Warok"

Kompas.com - 01/12/2012, 00:00 WIB

MALANG, KOMPAS.com--Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Prof Dr Yogi Sugito, menerima gelar "warok" karena kepeduliannya terhadap dunia seni reog Ponorogo.

Gelar Warok tersebut disematkan oleh Wakil Bupati Ponorogo Hj Yuni Widyaningsih bersamaan dengan peringatan HUT Korpri dan Hari Guru yang digelar di lapangan rektorat kampus setempat, Kamis.

Selain memberikan gelar Warok kepada Rektor, Wakil Bupati Ponorogo tersebut juga memberikan bantuan seperangkat alat musik dan kesenian Reog Ponorogo.

"Pada masa lalu, masyarakat banyak yang beranggapan jika warok ini bermakna negatif, namun seiring berkembangnya peradaban dan semakin mendunianya kesenian Reog Ponorogo, maka sedikit demi sedikit makna negatif itu mulai terkikis," tegasnya.

Bahkan, kata Yogi, saat ini Warok merupakan penggambaran dari seorang tokoh yang bisa dijadikan suri tauladan dan mampu mengayomi semua golongan maupun strata sosial, sehingga kedudukannya di masyarakat juga tinggi.

Menyinggung bantuan seperangkat alat musik kesenian Reog Ponorogo itu Yogi mengatakan, pihaknya ke depan akan membentuk unit kegiatan mahasiswa (UKM) budaya nusantara yang mewadahi seluruh kesenian dari penjuru Tanah Air.

Tidak hanya kesenian yang dikembangkan provinsinya, tapi juga dari kota atau kabupatennya, bahkan setiap daerah harus memiliki UKM seni yang mengembangkan kesenian daerah masing-masing.

Untuk mewujudkan UKM Seni Budaya Nusantara itu, katanya, saat ini pihaknya telah mengucurkan anggaran sebesar Rp6 miliar setiap tahun. "Anggaran ini meningkat cukup signifikan karena tahun-tahun sebelumnya hanya Rp2,5 miliar sampai Rp3 miliar," ujarnya.

Selain prosesi pemberian gelar Warok bagi rektor, rangkaian acara HUT Korpri dan Hari Guru itu juga ditutup dengan pemberian bantuan bagi putra-putri karyawan dan PNS di lingkungan UB.

Bantuan yang diberikan tersebut untuk 183 siswa mulai jenjang SD-SMA. Untuk siswa SD diberikan bantuan sebesar Rp1 juta/siswa, SMP Rp1,5 juta/siswa dan SMA Rp2 juta/siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com