Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Dosen Unima "Terbang" ke AS

Kompas.com - 01/12/2012, 07:27 WIB
Nasrullah Nara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima belas dosen Universitas Negeri Manado (Unima) "terbang" ke Amerika Serikat (AS), mengikuti program short course di Northern Illinois University.

Lima belas dosen tersebut merupakan mahasiswa Program doktor Pascasarjana (PPs) UNM yang mengikuti program sandwich like like.

Dalam siaran pers Jumat (30/11), Direktur PPs UNM, Jasruddin mengungkapkan ke lima belas dosen tersebut rencananya dijadwalkan berangkat pada Februari 2013 mendatang.

Untuk persiapan keberangkatan mereka, Jasruddin menambahkan pihak PPs UNM telah melakukan persiapan sedini mungkin. Di antaranya memberikan stimulan kepada masing-masing mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan negara tujuan mereka.

"Salah satu bentuk stimulan yang kami berikan adalah berupa pengenalan budaya, tradisi, kondisi cuaca dan pemberian kursus bahasa Inggris singkat. Mereka akan di-training oleh staf international office kami, " ujar Jasruddin.

Selain memberangkatkan lima belas dosen Unima, PPs UNM juga memberikan kesempatan kepada dua professor UNM dan satu profesor Unima untuk "terbang" bersama ke AS.

"Sengaja kami mengikutkan profesor, agar para mahasiswa dapat mendapatkan bimbingan langsung terkait disiplin ilmu mereka," ungkap Jasruddin.

Tujuan lainnya, masih menurut Jasruddin agar para professor tersebut juga dapat merasakan pengalaman luar negeri.

Salah satu dosen, Verry Paat mengungkapkan dirinya sangat beruntung dapat merasakan pengalaman keluar negeri. Menurutnya, momentum tersebut harus bisa dimaksimalkan. Apalagi lanjut Verry program short course tersebut akan banyak membantu dirinya meraih gelar doktornya dengan predikat plus.

"Predikat plus karena ada perbedaan yang sangat mencolok dengan sejumlah doktor lain yaitu pernah merasakan short course keluar negeri," terangnya.

Very mengungkapkan, sejauh ini persiapan yang dilakukan pihaknya hanya berupa memperdalam pengetahuan bahasa Inggris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com