Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Penerima Kartu Pintar Akan Diawasi

Kompas.com - 06/12/2012, 18:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan akan membuat sistem pengawasan serta pembinaan yang lebih komprehensif terkait pemanfaatan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Hal ini dilakukan agar program KJP dapat tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat penggunaan.

"Termasuk pengawasan yang harus diketahui masyarakat luas. Jadi, masyarakat harus tahu siapa yang dapat KJP dan ikut mengawasi serta membina," kata Taufik di Balaikota Jakarta, Kamis (6/12/2012).

Pengawasan dan pembinaan itu akan dilakukan dengan sistem check list. Sistem tersebut akan dibuat dari siswa yang dilanjutkan ke sekolah, tingkat kecamatan, lalu ke basis data di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain akan memiliki basis data yang lebih valid dan terintegrasi, langkah ini juga akan menciptakan pengawasan bersama yang melibatkan semua pihak.

Teknisnya, kata dia, pengawasan dan pembinaan akan dilakukan secara berkala, mulai dari setiap bulan, triwulan, dan setiap semester. Sosialisasinya sudah mulai dilaksanakan dan dimulai dari tingkat terbawah, yakni di setiap sekolah.

"Datanya nanti kita periksa lagi supaya valid. Nanti kita paparkan supaya pimpinan wilayah tahu jumlah penerima KJP dan bisa ikut mengawasi serta melakukan penyuluhan," ujarnya.

Seperti diberitakan, KJP mulai disalurkan pada 1 Desember lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Setiap bulannya, para penerima KJP akan menerima dana sebesar Rp 240.000 untuk menutupi biaya personal yang terkait pendidikannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com