Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Dur Dilecehkan, Warga NU Minta Kepala Kemenag Dipecat

Kompas.com - 11/12/2012, 13:00 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Puluhan warga Nahdlatul Ulama (NU) mendatangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa (11/12/2012) pagi. Mereka berunjuk rasa menuntut Kepala Kemenag Jawa Barat (Jabar) untuk dipecat.

Mereka menilai munculnya soal ujian madrasah aliyah (MA) se-Jawa Barat yang telah melecehkan KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur merupakan tanggung jawab Kemenag Jabar. Demo warga NU ini merupakan lanjutan aksi dengan tuntutan yang sama oleh warga NU Kota Tasikmalaya, Senin kemarin.

Aksi protes ini akibat munculnya satu soal dalam mata pelajaran Sejarah yang diujikan di MA beberapa waktu lalu. Dalam soal itu disebut apa penyebab jatuhnya pemerintahan Gus Dur? Pilihan jawabannya adalah kasus Bruneigate dan Buloggate, pidato kontroversial, dukungan terhadap Cendana, mengeluarkan dekrit, dan bubarkan DPR.

"Kami secara tegas minta kepala Kemenag Jawa Barat untuk dipecat," kata Ketua Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim di sela-sela aksi.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Dadang Romansyah menyatakan, pihaknya telah mengumpulkan semua madrasah aliyah se-Kabupaten Tasikmalaya untuk menarik kembali soal ujian tersebut.

Malah ada buku pelajaran Sejarah juga tentang Gus Dur yang dinilai menyimpang. "Saya sudah kumpulkan semuanya (MA) untuk segera menarik soal dan buku sejarah terkait Gus Dur. Kami juga langsung bersikap setelah ada protes dari warga Nahdliyin," katanya.

Saat demo berlangsung, belum ada penjagaan dari polisi. Pasalnya, aksi tersebut tidak meminta izin terlebih dahulu ke Polres Tasikmalaya. Massa pun langsung membubarkan diri setelah datang petugas dari Polres Tasikmalaya. "Enggak ada izin aksi ini, tapi mereka untungnya langsung membubarkan diri setelah kami datang," terang Kasat Sabhara Polres Tasikmalaya Ali M seusai pengamanan jalannya aksi.

***

Baca Juga: Giliran Soal Ujian Sejarah Lecehkan Gus Dur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com