Kompas.com - 12/12/2012, 15:57 WIB
|
EditorCaroline Damanik

TANGERANG, KOMPAS.com - Gedung baru kampus utama Bina Nusantara University akan segera hadir di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten. Menara 21 lantai itu diproyeksikan rampung pada tahun 2014 mendatang.

Dalam momen peletakan batu pertama di Jalan Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Rabu (12/12/2012) ini, Rektor Binus University, Harjanto Prabowo, mengatakan, penyelenggaraan pendidikan di kampus baru ini tidak akan jauh berbeda dengan lima kampus Binus lainnya. Namun, kampus ini memang akan dijadikan pusat penyelenggaraan program studi yang berkaitan dengan industri kreatif.

"Di sini akan banyak difokuskan pada bidang kreatif, yang memang ke depan makin memiliki masa depan yang luas ya, industri kreatif seperti desain, bisnis dan komunikasi. Tapi tentu basisnya tetap teknologi informasi ya," ungkapnya di sela acara.

Untuk menunjang fokus terhadap kreativitas para mahasiswanya nanti, Binus mengusung konsep Smart and Green Campus. Sebuah gedung ramah lingkungan berbentuk kotak tak beraturan akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Gedung ini didesain agar sinar matahari masuk dengan leluasa sehingga bisa menghemat energi dan udara bisa bergerak bebas sehingga menghemat penggunaan mesin pendingin udara.

"Optimistis bisa menghemat 30-40 persen energi," tambah Harjanto.

Kenyamanan kampus baru juga akan dilengkapi dengan keberadaan danau buatan di sisi selatan kampus. Menurut Harjanto pula, suasana nyaman dan menyenangkan di kampus ini nantinya diharapkan bisa menunjang keberadaan program-program studi berbasis kreativitas yang ada.

Ini bukan pertama kalinya Binus hadir di Alam Sutera karena sebelumnya sudah ada kampus sementara (bridging campus) yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Namun, 3.000 mahasiswa yang kini belajar di kampus sementara plus 2.000 mahasiswa baru diperkirakan akan mengisi kampus ini begitu pembangunan selesai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.