Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Inspiratif Ala Binus di Alam Sutera

Kompas.com - 12/12/2012, 15:57 WIB
Caroline Damanik

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Gedung baru kampus utama Bina Nusantara University akan segera hadir di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten. Menara 21 lantai itu diproyeksikan rampung pada tahun 2014 mendatang.

Dalam momen peletakan batu pertama di Jalan Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Rabu (12/12/2012) ini, Rektor Binus University, Harjanto Prabowo, mengatakan, penyelenggaraan pendidikan di kampus baru ini tidak akan jauh berbeda dengan lima kampus Binus lainnya. Namun, kampus ini memang akan dijadikan pusat penyelenggaraan program studi yang berkaitan dengan industri kreatif.

"Di sini akan banyak difokuskan pada bidang kreatif, yang memang ke depan makin memiliki masa depan yang luas ya, industri kreatif seperti desain, bisnis dan komunikasi. Tapi tentu basisnya tetap teknologi informasi ya," ungkapnya di sela acara.

Untuk menunjang fokus terhadap kreativitas para mahasiswanya nanti, Binus mengusung konsep Smart and Green Campus. Sebuah gedung ramah lingkungan berbentuk kotak tak beraturan akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Gedung ini didesain agar sinar matahari masuk dengan leluasa sehingga bisa menghemat energi dan udara bisa bergerak bebas sehingga menghemat penggunaan mesin pendingin udara.

"Optimistis bisa menghemat 30-40 persen energi," tambah Harjanto.

Kenyamanan kampus baru juga akan dilengkapi dengan keberadaan danau buatan di sisi selatan kampus. Menurut Harjanto pula, suasana nyaman dan menyenangkan di kampus ini nantinya diharapkan bisa menunjang keberadaan program-program studi berbasis kreativitas yang ada.

Ini bukan pertama kalinya Binus hadir di Alam Sutera karena sebelumnya sudah ada kampus sementara (bridging campus) yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Namun, 3.000 mahasiswa yang kini belajar di kampus sementara plus 2.000 mahasiswa baru diperkirakan akan mengisi kampus ini begitu pembangunan selesai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com